Pahami Tanda Burnout Seperti yang Dialami Cinta Laura, Jangan Diabaikan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Cinta Laura/Instagram/@claurakiehl

Cinta Laura/Instagram/@claurakiehl

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beberapa hari lalu Cinta Laura membagikan cerita tentang kesibukannya sebagai artis pada laman instagramnya. Cinta Laura menceritakan tentang beratnya bekerja pada dunia hiburan.

Pada unggahan tersebut memperlihatkan beberapa foto Cinta Laura yang tersenyum dengan memperlihatkan tubuhnya yang sehat. "No, ini bukan #bodygoals. Pada pandangan pertama, orang akan berpikir bahwa aku lagi bersenang-senang, liburan dan menjalani hidup tanpa masalah atau beban," tulisnya pada caption unggahan tersebut

Ia juga menambahkan bahwa foto yang ia unggah tersebut diambil di lokasi shooting dengan pemain dan crew yang bekerja 22 jam perharinya selama 1,5 bulan. Namun ternyata dibalik foto tersebut Cinta mengatakan bahwa  ternyata ia mengalami stres hingga harus dirawat di rumah sakit.

Cinta mengatakan bahwa ia mengalami burnout hingga berat badannya turun sebanyak 4,5 kg. “Tiga bulan terakhir aku mengalami burnout terparah dalam 5 tahun terakhir. Dari turun berat badan 4.5 kg sampai masuk rumah sakit (aku belum pernah dirawat selama 16 tahun terakhir),” tulisnya.

"Tidak, ini bukan cerita kasihan dan saya tidak mencari simpati. Saya hanya membagikan cerita saya dan mengingatkan Anda semua bahwa terlalu banyak bekerja sendiri mungkin TIDAK selalu bermanfaat.  Jika memungkinkan, temukan keseimbangan, karena Anda tidak pernah tahu bagaimana kelelahan dapat mengubah Anda secara mental, emosional, dan fisik. Saya, tanpa ragu, kehilangan diri saya sendiri dan sekarang dalam proses pemulihan."

Burnout sendiri adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami stres yang kronis disertai dengan rasa kelelahan secara fisik, mental serta emosional akbat pekerjaanya. Burnout ditandai dari beberapa hal :

1. Kelelahan fisik

Seseorang yang mengalami burnout akan selalu merasa kelalahan yang disertai kurangnya energi pada tubuh setiap waktunya.

2. Kelelahan Mental

Depresi menjadi salah satu gejala terjadinya burnout, di mana seseorang akan merasa tidak berdaya serta akan merasa terperangkap di dalam pekerjaan yang ia lakukan.

3. Dikelilingi energi negatif

Ketika seseorang mulai bersikap sinis dan negatif terhadap orang lain dan pekerjaannya, mereka cenderung merugikan diri mereka sendiri, pekerjaan mereka, organisasi mereka, dan kehidupan mereka secara umum.

Kelelahan dan stres di tempat kerja atau burnout tidak dapat disepelekan, karena efek dari burnout dapat memengaruhi produktivitas kerja serta kualitas hidup si penderitanya. Karena itu seseorang yang mengalami burnout harus mendapatkan penanganan dari ahlinya sesegera mungkin.

Baca: Saat Ibunya jadi Manajer, Cinta Laura Ungkap Hubungan Mereka Sempat Kurang Baik

NADIA RAICHAN FITRIANUR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika


Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."