Manfaat Daun Sirih Cina untuk Kesehatan, Bantu Turunkan Kolesterol

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi stroke. scrubbing.in

Ilustrasi stroke. scrubbing.in

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaDaun sirih Cina atau tanaman yang memiliki nama ilmiah pepperoni pellucida atau multimanfaat ini dapat dijadikan sebagai obat alami untuk berbagai penyakit. Namun masih banyak yang belum mengetahui manfaat dari tanaman ini.

Tanaman sirih cina tumbuh liar dan tumbuh subur di pekarangan rumah atau di dekat parit. Sehingga mereka sering dianggap gulma atau ilalang. Padahal, daun sirih cina mengandung antioksidan dan mineral yang baik untuk tubuh. Nutrisi yang terkandung dalam daun sirih cina dapat melindungi kesehatan tubuh dan mencegah penyakit.

Selanjutnya, daun sirih cina mengandung berbagai senyawa yang baik dan bermanfaat bagi tubuh. Diantara senyawa yang terdapat pada tumbuhan ini adalah alkaloid, tannoin, saponin, kalsium oksalat, polifenol, lemak, dan minyak.

Tumbuhan berdaun hijau mengkilat ini juga memiliki efek farmakologis seperti antiinflamasi, analgesik (obat penghilang rasa sakit), antijamur, dan kemoterapi.

Berikit manfaat daun siri Cina untuk kesehatan: 

1. Menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit jantung

Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit jantung. Karena kolesterol dapat menyumbat pembuluh darah, sehingga mengurangi suplai darah ke jantung.

Secara efektif, daun daun salam dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Caranya adalah dengan merebus daun salam secukupnya dan dengan meminum rebusan tersebut. Selain dapat mengembangkan kolesterol, daun tanaman ini berpotensi menurunkan risiko stroke.

2. Menyembuhkan rematik

Reumatisme adalah penyakit yang ditandai dengan nyeri atau peradangan pada otot, sendi, atau jaringan tubuh. Reumatoid atritis atau radang sendi adalah gangguan peradangan kronis yang dapat terjadi pada tangan atau kaki. 

Atritis reumatoid sering mengalami ketidaknyamanan pada ekstremitas.Kesalahan dalam sistem kekebalan yang menyerang lapisan perifer tubuh bertanggung jawab atas penyakit ini.

Daun utusan bumi atau sirih bisa menjadi alternatif pengobatan penyakit. Caranya, perasan batang dan daunnya, lalu diminum setiap pagi dan sore hari.

3. Penyembuhan masalah tulang

Penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan mineral dalam tanaman air ini berguna untuk tujuan pengobatan. Salah satunya membantu mempercepat penyembuhan patah tulang atau patah tulang.

Anda dapat mengkonsumsi daun tanpa air ini dengan meminum ekstrak tanaman, atau mencampurkan tanaman ke dalam rebusan.

4. Penyakit maag

Penyakit Mag atau maag adalah penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Penyakit ini menyebabkan peradangan pada lapisan perut yang menyebabkan rasa sakit dan mual. Ekstrak pelusida daun pepperoni dapat menghambat kerusakan mukosa lambung. Mengkonsumsi ramuan dari tanaman itu dapat membantu Anda pulih dari pengobatan alami untuk mag.

5. Mengobati demam

Daun sirih cina dapat berfungsi sebagai obat sakit kepala dan penurun demam. Senyawa senyawa dalam tanaman ini, seperti bioflavonoid dan sekuel penketon, yang membantu mengurangi panas.

Baca: 5 Manfaat Daun Sirih Cina untuk Kulit Wajah, Bisa Bantu Pudarkan Flek Hitam

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."