5 Manfaat Daun Sirih Cina untuk Kulit Wajah, Bisa Bantu Pudarkan Flek Hitam

Ilustrasi wajah wanita. Unsplash.com/Andreas Fidler

kecantikan

5 Manfaat Daun Sirih Cina untuk Kulit Wajah, Bisa Bantu Pudarkan Flek Hitam

Senin, 6 Juni 2022 18:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak sekali manfaat daun sirih cina untuk wajah. Daun sirih cina atau rimpang air merupakan tumbuhan liar yang biasa tumbuh di pekarangan rumah. Daun sirih ini biasa ditanam oleh masyarakat, selain untuk mempercantik rumah juga disebut sebagai tanaman herbal yang memiliki segudang manfaat.

Masih ada pula perntanyaan apa perbedaan antara daun sirih cina dan daun sirih biasa. Ternyata, meski memiliki bentuk daun yang hampir sama, namun keduanya berbeda lho. Secara fisik, daun sirih cina memiliki bentuk daun seperti hati dan ujungnya lebih tumpul dibandingkan daun sirih lancip biasa.

Selain itu, dalam bahasa latin juga keduanya berbeda. Daun sirih cina memiliki bahasa latin Peperomia pellucida, sedangkan daun sirih biasa disebut Piper betle. Daun sirih cina biasa digunakan oleh masyarakat untuk pengobatan berbagai penyakit, seperti anti inflamasi, diabetes, gangguan sistem kemih, sebagai pengobatan kanker, memperbaiki sistem pencernaan, dan masih banyak lagi.

Tak hanya untuk kesehatan, ternyata banyak sekali manfaat daun sirih cina untuk kulit wajah lho. Tanaman ini mengandung tanin, flavonoid, dan alkaloid yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Selain itu kandungan bahan aktif lainnya juga dapat melembabkan kulit, mencerahkan, dan mengatasi masalah kulit lainnya.

Penasaran apa saja manfaat daun sirih cina untuk wajah?

1. Mengatasi jerawat

Manfaat daun sirih cina untuk wajah yang pertama adalah dapat mengatasi jerawat. Hal ini karena daun memiliki efek farmakologis sebagai anti bakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Anda bisa menggunakan daun sirih cina sebagai masker alami. Caranya, siapkan tiga hingga lima lembar daun sirih cina lalu tumbuk hingga halus, tempelkan pada wajah yang berjerawat. Biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air biasa.

2. Pudarkan flek hitam

Daun sirih dapat digunakan secara efektif untuk mengurangi flek hitam pada kulit. Jika kulit Anda terlihat kusam dan gelap akhir-akhir ini, Anda harus menggunakan daun sirih sebagai solusi topikal. Daun sirih mengandung zat antibakteri dan pencerah kulit yang membantu mencerahkan dan mencerahkan bintik hitam dan noda.

3. Mengurangi sembab di wajah

Jika Anda bangun dengan wajah sembab setiap hari atau Anda melihat wajah bengkak tanpa alasan yang jelas, aplikasikan masker wajah dari daun sirih. Ini memiliki banyak sifat obat termasuk sifat anti-inflamasi untuk mengurangi peradangan.

4. Perawatan kulit sensitif

Jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda mungkin akan sering mengalami kemerahan dan ruam. Juga, orang yang alergi terhadap sesuatu menunjukkan tanda-tanda awal alergi pada kulit terlebih dahulu. Dalam kasus seperti itu, daun sirih bisa menjadi solusi satu atap. Cukup oleskan pasta daun sirih pada area yang terkena atau gosokkan saja daun untuk mendapatkan bantuan segera. Ini akan menenangkan ruam dan infeksi untuk menenangkan kulit.

5. Mengurangi rasa gatal

Salah satu manfaat utama daun sirih untuk kulit adalah mengurangi rasa gatal dan nyeri yang disebabkan oleh salah satu alasan. Sifat antibakteri daun sirih membunuh bakteri penyebab gatal dan infeksi. Oleh karena itu, daun sirih juga dapat digunakan untuk mengontrol jerawat. Menggunakan daun sirih pada kulit dua kali seminggu akan mengakhiri masalah jerawat selamanya.

Baca: 4 Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Bahan Alami

ONLY MY HEALTH