Rumus Nafa Urbach Akur dengan Mantan Suami: Forgive, Forget, and Move On

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Nafa Urbach. Foto: Instagram/@nafaurbach

Nafa Urbach. Foto: Instagram/@nafaurbach

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi dan aktris, Nafa Urbach dan mantan suami, Zack Lee tetap berhubungan baik, meski telah berpisah pada 2017. Selain demi mengurus putri mereka, Mikhaela Lee Juwono, Nafa mengaku sudah tutup buku dengan rumah tangganya.

"Gue memutuskan untuk melupakan dan maju ke depan. Jadi, kayak aku sama Zack itu forgive, forget, and move on (memaafkan, melupakan, dan maju ke depan)," ujar Nafa dalam podcast TS Talks episode 179 yang diunggah di kanal Youtube TS Media, Senin, 26 September 2022.

"Karena semua hal yang terjadi, gue ngerasa gue didewasakan, secara roh, sikap, dan karakter, gue didewasakan. Jadi, pas waktu gue memutuskan yaudah kita move on aja, kita lupain, anggap aja itu suatu pelajaran, proses kehidupan, anggap itu proses sahabat, ayo kita jalan sebagai sahabat dan teman. Jadi, Zack punya respons hati yang luar biasa juga," sambung perempuan 42 tahun itu kepada Marianne Rumantir dan Ersa Mayori yang menjadi pemandu podcast saat itu.

Nafa juga mengungkapkan kerelaan hati mereka berdua untuk lebih melihat ke masa depan ketimbang mengungkit luka-luka di pernikahan berkat Tuhan. Menurutnya, Tuhan yang paling berkuasa mengubah hati umatnya.

"Satu hal ada campur tangan Tuhan di dalamnya, itu yang paling penting. Karena kalau tidak ada campur tangan Tuhan, aku rasa gak akan pernah bisa mempunyai sikap hati yang benar. Karena sebenarnya marah, dendam, sakit hati itu kan keputusan, ya," jelasnya.

Nafa Urbach dan Zack Lee bersama anak mereka, Mikhaela Lee Juwono (Instagram/@nafaurbach)

Saat ditanya soal respons putrinya yang kini berusia 11 tahun itu terkait perceraian, Nafa mengatakan ia dan Zack berupaya mencontohkan respons positif saat bersama. 

"Mika itu anaknya sangat kritis dan suka bertanya. Mika juga ngelihat kejadian bagaimana kehidupan mama dan papanya sebelum cerai dan sesudah cerai, dia ngelihat. Jadi, anak itu terbiasa dengan yang dia lihat, tapi kalau kita sebagai orang tua mempunyai respons yang benar di depan anak kita, otomatis anak itu juga akan meniru respons yang dilakukan ibunya," tuturnya.

"Penting banget buat kita untuk apa pun yang terjadi dalam rumah tangga, kita harus mempunyai respons hati yang benar, imbuhnya.

Nafa pun mengisahkan kiatnya merawat ikatan antara ibu dan anak dengan Mika, yakni mereka berbincang dari hati ke hati sebelum tidur malam

"Aku biasain, jadi malam itu sebelum kita tidur, ada quality time, Mika and mommy time. Ngobrol," ujarnya.

Salah satu tema obrolan mereka adalah calon pasangan Nafa. Mika kerap menanyakan Nafa mengapa belum dekat dengan pria, seperti Zack yang sudah menjalin hubungan dengan pasangannya.

" 'Mami kok gak pernah ngenalin Mika pacar mami?' udah mulai (penasaran)," ucapnya.

"Mami konsentrasi kerja dulu, adek mo sekolah di luar negeri, tabungannya mesti banyak. Mami fokus kerja dulu, adek doain mami aja, gak usah nanya-nanya yang kayak gitu," kenang Nafa Urbach saat menjawab kepada putrinya.

Baca juga: Unggah Foto Zack Lee, Nafa Urbach Ingat Momen Ayah dan Anak

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."