Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie Cerita Soal Tantangan Terbesarnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie.  Foto: Pemkot Singkawang

Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie. Foto: Pemkot Singkawang

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie ungkap membagi waktu adalah tantangan terbesar saat menunaikan amanah sebagai kepala daerah. Dengan waktu yang ada, kadang dia merasa tidak cukup untuk melakukan tugas demi kemajuan Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Pontianak.

"Tantangan terbesar bagaimana membagi waktu, melakukan yang terbaik, dan banyak agenda kegiatan yang selalu merasa waktu tidak cukup," katanya ditemui usai acara Apresiasi Kepala Daerah Perempuan Inspiratif 2022 di The Westin Jakarta, pada Kamis malam, 23 September 2022.

"Sampai hari ini mau berakhir (masa tugasnya sebagai wali kota berakhir pada 17 Desember 2022), saya masih berasa banyak kerjaan yang belum kita selesaikan. Tidak terasa. Tantangan terbesar itu selalu merasa waktu tidak cukup," sambung kepala daerah perempuan pertama dari etnis Tionghoa di Indonesia itu.

Masih terkait pembagian waktu, mantan Ketua DPRD dan Kader PDI-P itu juga berbagi caranya mengelola waktu bersama keluarga dan untuk dirinya sendiri alias me time. Untuk keluarga tercinta, ia menyempatkan makan malam bersama di meja makan. Menurutnya, kebiasaan itu sudah dibiasakan secara turun-menurun di keluarganya. Di momen itu, mereka bisa saling bertukar cerita tentang keseharian.

"Tiap kali ada momen makan bersama dengan bapak dan anak, selalu diluangkan. Temenin bapak makan, karena saya belum tentu bisa menemani setiap hari. Kalau waktunya pas, diupayakan untuk malam malam bersama. Kalau pagi, pasti gak bisa, karena kita punya aktivitas masing-masing," kata perempuan kelahiran 27 Februari 1972 itu.

Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie mengenakan pakaian adat saat menghadiri acara Gawe Dayak Naik Dango Kota Singkawang. Instagram/Tjhai Chui Mie

"Di saat makan itu, kami bisa ngobrol santai sama anak-anak. Di saat itu, keluhan bisa keluar, selama mereka di sekolah," ujarnya.

Saat ditanya masakan favorit keluarganya, Chui Mie menyebutkan tim ayam, ikan asam pedas, dan tahu kecap yang dicampur daging dan sayur sawi.

"Saya gak bisa memasak tiap hari, pas sempat aja, terutama di malam hari. Begitu saya lihat ada kesempatan atau hari libur, saya akan masak. Jika tidak ada waktu, saya akan memastikan bagian dapur di rumah untuk memasak makanan kesukaan keluarga. Itu sudah kewajiban saya," ungkapnya. 

Selain makan malam bersama, Chui Mie juga meluangkan waktu bersama keluarga saat bekerja di rumah. "Saya upayakan ada waktu bersama keluarga saat bekerja di rumah. Setelah itu, saya turun ke ruang kerja untuk menandatangani berkas-berkas, belum lagi masyarakat mau ketemu," tutur perempuan yang mengidolakan Megawati dan Putri Diana itu.

Dengan sederet perannya sebagai pemimpin daerah, ibu, dan istri, Chui Mie mengaku sulit menciptakan me time di luar ruangan, meski di hari libur. Maka dari itu, me time baginya adalah mendengarkan lagu-lagu favoritnya. 

Direktur Utama PT Tempo Info Media Digital Wahyu Dhyatmika memberikan piala penghargaan kepada Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie pada acara Apresiasi Kepala Daerah Perempuan Inspiratif di Jakarta, Jumat, 22 September 2022. Tempo memberikan apresiasi kepada 13 kepala daerah perempuan dengan berbagai kategori penghargaan seperti Pemberdayaan Masyarakat, Mal Layanan Publik, Inovasi Satu Data, Pelayanan Warga, Inovasi Kota Toleransi, dan Inovasi percepatan Layanan Publik. TEMPO / Hilman Fathurrahman W

"Jadi, me time saya dengar musik. Saya suka dengar musik. Lagu favorit saya, lagu nostalgia seperti lagu Obbie Messakh yang Kisah Kasih di Sekolah, juga lagu mandarin. Saya putar lagu itu saat bekerja," ucap perempuan 50 tahun itu.

Saat ditanya tanggapannya sebagai salah satu penerima penghargaan dari 13 Kepala Daerah Perempuan Inspiratif pilihan Tempo Media Group, Chui Mie mengatakan bangga, bahagia sekaligus kado untuknya.

"Saya atas nama Pemerintah Kota Singkawang mengucapkan apresiasi dan terima kasih setinggi-tingginya kepada Tempo yang sudah mengadakan acara ini. Di mana, kita ini dinilai dengan kinerja kita, tentunya ini sangat membuat satu kebanggaan dan kebahagiaan, juga kado buat saya yang akan berakhir masa tugasnya pada 17 desember 2022," tuturnya.

"Ini juga memberikan motivasi dan "vitamin" untuk kami melaksanakan tugas baik lagi," tegas Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie.

Baca juga: Bupati Purwarkarta Anne Ratna Mustika Bicara Ungkap Tantangan Tersulit jadi Kepala Daerah sekaligus Ibu

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."