Cara Ibu Bekerja Menciptakan Me Time, Menurut Psikolog

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita bekerja dari rumah bersama anak. shutterstock.com

Ilustrasi wanita bekerja dari rumah bersama anak. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Cara efektif ibu bekerja menciptakan rehat sejenak alias me time adalah memahami rutinitas kegiatan anak. Menurut psikolog Saskhya Aulia Prima, itu kunci penting ibu bekerja meluangkan waktu untuk diri sendiri di antara peran sebagai wanita karier dan ibu bagi buah hati tercinta.

“Kapan tidur malem, kapan bangun pagi, kapan anaknya berkegiatan apa, itu tuh kita harus rutinin, supaya kita tau jam-jam bolong mana nih yang kita bisa isi,” ujar Saskhya saat ditemui di Greyhound Cafe Menteng, Jakarta Pusat, pada Kamis, 15 September. 

Saskhya mengatakan, me time yang bisa dilakukan ibu bekerja tidak harus yang mahal dan kegiatan tersebut juga bisa dilakukan di rumah asal bisa membantu ibu meredakan kelelahannya. 

“Yang gausah fancy-fancy banget, bisa di rumah, tapi cukup buat recharging kita, gitu,” tuturnya.

Bicara soal waktu bermain dengan anak, Saskhya menyebutkan ibu bekerja bisa bermain dengan anak selama 20 sampai 30 menit sehari. Menurutnya, durasi itu sudah cukup asalkan sang ibu fokus bermain dengan anak tanpa adanya distraksi lain. 

“Sebenernya buat working mothers kalau misalnya bingung nyelipin waktu quality time sama anak, sehari itu minimal dua puluh, tiga puluh menit asal fokus, nggak kedistraksi ponsel, main apa yang anak senengin, itu tuh quality nya dapet, kalo (ibu bekerja) sibuk banget,” jelasnya. 

Perlu diingat, sahabat Cantika, me time itu penting untuk kita semua, termasuk ibu bekerja. Sebab "rehat" itu bisa membuat kita tetap sehat dan tenang dalam mengerjakan tugas sehari-hari. 

 NABILA RAMADHANTY PUTRI DARMADI

Baca juga: 4 Aktivitas Me Buat Ibu di Rumah, Waktunya Rileks

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."