Cerita Jessica Chastain Kunjungan ke Ukraina: Butuh Berminggu-minggu Memproses Semua

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Momen Jessica Chastain menemui salah satu pasien anak di rumah sakit anak di Kyiv, Ukraina. Foto: Tangkap layar Instagram/@jessicachastain

Momen Jessica Chastain menemui salah satu pasien anak di rumah sakit anak di Kyiv, Ukraina. Foto: Tangkap layar Instagram/@jessicachastain

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris, Jessica Chastain baru bagikan video dan kisah perjalanannya ke Ukraina lewat akun Twitter-nya pada Kamis, 1 September 2022. Ia diketahui mengunjungi Ukraina pada awal Agustus silam.

“Saya membutuhkan beberapa minggu untuk memproses semua yang saya lihat dari perjalanan saya ke Kyiv (ibu kota Ukraina),” tulis aktris berusia 45 tahun itu.

“Kami mendarat di Polandia, berkendara selama 4 jam kemudian naik kereta api untuk 11 jam lagi. Saya gugup dan panjangnya perjalanan memberi saya waktu untuk menenangkan diri,” tambahnya tentang logistik perjalanan yang kompleks.

Video dimulai dengan Chastain di dalam mobil di Kyiv dengan seorang pendamping yang tak terlihat saat dia membacakan dengan lantang serangkaian statistik masa perang dari teleponnya.

“Jadi jumlah pengungsi dari Ukraina sekarang mencapai 5,1 juta yang telah pergi ke negara-negara Uni Eropa. Dan 7,7 juta lainnya menjadi pengungsi internal. Populasi Ukraina adalah 44 juta,” katanya.

Saat dia berbicara, rekaman beralih menunjukkan mereka sedang berkendara melewati seluruh blok kota yang dirusak oleh pemboman Rusia. Perang antara Rusia dan Ukraina terjadi sejak Februari silam.

“Kejahatan perang telah mengakibatkan kematian 6710 warga sipil, termasuk 359 anak-anak. 8741 warga sipil, termasuk 700 anak-anak, terluka,” lanjutnya dalam sulih suara.

Akhirnya, mobil itu berhenti di Ohmatdyt, yang dianggap sebagai rumah sakit anak-anak terbesar di Ukraina dan terus beroperasi selama lebih dari enam bulan setelah perang.

Chastain menulis tentang kunjungan itu dalam tweet lanjutan, “Salah satu pengalaman dari perjalanan yang mengubah hidup ini adalah kunjungan saya ke rumah sakit anak-anak: Ohmatdyt. Saya memiliki kesempatan untuk bertemu anak-anak yang luar biasa dan sutradara, Volodymyr Zhovnir. Anak-anak membuat saya takjub dengan harapan dan kekuatan mereka.”

Tweet ketiga sekaligus terakhir berbunyi, “Banyak yang mengungsi dari rumah mereka dan menghabiskan berbulan-bulan di rumah sakit. Ini adalah krisis kemanusiaan besar yang terjadi di Ukraina,"

"Kita tidak bisa melupakan orang-orang yang tidak bersalah yang terkena tindakan kekerasan yang tidak masuk akal. Saya bersyukur telah bertemu dengan anak-anak kecil yang manis ini dengan hati yang besar dan pemberani.”

Dalam video tersebut, aktris Zero Dark Thirty itu kemudian terlihat mengunjungi sejumlah anak, salah satunya memberinya gambar sepeda, keranjangnya dipenuhi bunga kertas konstruksi 3-D.

Rekaman itu diakhiri dengan Chastain memegang karya seni di pangkuannya saat mobilnya pergi.

Selama perjalanan tersebut, Chastain juga bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Baca juga: Menang Piala Oscar 2022, Jessica Chastain Bawa Isu Kesehatan Mental

PAGE SIX

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."