Kunjungi Ukraina secara Mendadak, Ini yang Dilakukan Angelina Jolie

Utusan khusus UNHCR, Angelina Jolie berbincang dengan relawan saat mengunjungi stasiun kereta api utama Lviv, di tengah invasi Rusia, di Ukraina, 30 April 2022. Setelah berbincang dan berfoto bersama, Jolie bergegas meninggalkan stasiun setelah sirene serangan udara mulai berbunyi. Ukrzaliznytsia/Handout via REUTERS

ragam

Kunjungi Ukraina secara Mendadak, Ini yang Dilakukan Angelina Jolie

Minggu, 1 Mei 2022 21:40 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris asal Amerika Serikat dan utusan kemanusiaan Persatuan Bangsa-bangsa (PBB), Angelina Jolie melakukan kunjungan mendadak ke kota Lviv di Ukraina barat pada Sabtu, 30 April 2022. Menurut Gubernur regional Lviv, Maksym Kozytskiy, Jolie yang telah menjadi utusan khusus UNHCR untuk pengungsi sejak 2011 telah datang untuk berbicara dengan orang-orang terlantar yang telah menemukan perlindungan di Lviv, termasuk anak-anak yang menjalani perawatan untuk cedera yang diderita dalam serangan rudal di stasiun kereta api Kramatorsk di awal April.

Serangan di kota Ukraina timur itu tampaknya dengan sengaja menargetkan kerumunan yang sebagian besar wanita dan anak-anak yang mencoba melarikan diri dari serangan Rusia yang mengancam, menewaskan sedikitnya 52 orang dan melukai puluhan lainnya.

“Dia sangat tersentuh oleh cerita [anak-anak],” tulis Kozytskiy. "Seorang gadis bahkan dapat secara pribadi memberi tahu Nona Jolie tentang mimpi yang dia alami," katanya dilansir dari Guardian.

Dia mengatakan Jolie juga mengunjungi sekolah asrama, berbicara dengan siswa, dan berfoto dengan mereka, menambahkan "dia berjanji akan datang lagi". Menurut Kozytskiy, Jolie juga bertemu dengan para pengungsi yang tiba di stasiun kereta api pusat Lviv, serta dengan sukarelawan Ukraina yang memberikan bantuan medis dan konseling kepada para pendatang baru. 

“Kunjungan itu mengejutkan kami semua,” tulisnya. “Banyak orang yang melihat Ms. Angelina Jolie di wilayah Lviv tidak percaya bahwa itu benar-benar dia. Namun sejak 24 Februari, Ukraina telah menunjukkan kepada seluruh dunia bahwa ada banyak hal luar biasa di sini.”

Baca juga: Rusia Invasi Ukraina, Angelina Jolie: Perang Membuat Anak-anak Trauma