Cerita Direktur Kerjasama Kadin Ukraina Anna Liubyma Soal Pemberdayaan Perempuan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Direktur Departemen Kerjasama Internasional Kamar Dagang dan Industri Ukraina (UCCI) Anna Liubyma berpose di Gedung Tempo, Palmerah, Jakarta, Senin, 6 Februari 2023. TEMPO / Hilman Fathurrahman W

Direktur Departemen Kerjasama Internasional Kamar Dagang dan Industri Ukraina (UCCI) Anna Liubyma berpose di Gedung Tempo, Palmerah, Jakarta, Senin, 6 Februari 2023. TEMPO / Hilman Fathurrahman W

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kendati konflik masih berkecamuk antara Rusia dan Ukraina, ternyata kondisi kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, khususnya di bidang usaha dan bisnis mengalami kemajuan yang cukup signifikan. Unit usaha dan bisnis di Ukraina serupa dengan istilah Usaha Menengah Kecil dan Mikro jika di Indonesia. 

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Departemen Kerjasama Internasional Kamar Dagang dan Industri Ukraina (UCCI) Anna Liubyma. Menurut Anna, pihaknya melalui bidang bisnis sangat membuka kesempatan bagi perempuan untul menduduki posisi-posisi strategis, termasuk posisi yang ia tempati saat ini. 

"Sejak awal, kami tidak pernah membeda-bedakan kesempatan dan kapasitas yang dimiliki oleh perempuan, mereka terbuka untuk menduduki posisi strategis khususnya dalam bidang bisnis," ucap Anna saat melakukan Media Visit ke redaksi Tempo dan Cantika, Senin 6 Februari  2023. 

Tak hanya posisi dalam lingkup jabatan dan posisi di instansi seperti posisi perdana menteri yang juga pernah dijabat perempuan, tetapi juga pemberdayaan perempuan khususnya dukungan bagi industri usaha yang diinisiasi oleh perempuan.

"Jadi kalau di bagian kami memiliki komite khusus yang membuat program khusus untuk perempuan, atas dukungan UN tentu saja. Begitu pula dengan hal-hal yang sifatnya domestik juga bisa diatur yang sesuai dengan hak perempuan," jelas Anna. 

Bagi Anna, sangat penting melindungi hak-hak perempuan dalam berbagai kondisi, terlebih di situasi konflik yang tidak menentu ini. Anna menjelaskan jika pihaknya juga mendampingi perempuan dalam menjalani efek konflik yang berkepanjangan, khususnya secara fisik dan mental. 

Pilihan Editor: Cerita Jessica Chastain Kunjungan ke Ukraina: Butuh Berminggu-minggu Memproses Semua

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."