Potret Sri Mulyani dan Keluarga di Tumplak Punjen Pernikahan Anak Bungsunya

Potret Sri Mulyani sekeluarga di acara pernikahan putra bungsunya, Luqman Indra Pambudi Sumartono, dengan Windy Chintya Dewi pada Ahad, 24 Juli 2022. Foto: Instagram/@smindrawati

keluarga

Potret Sri Mulyani dan Keluarga di Tumplak Punjen Pernikahan Anak Bungsunya

Sabtu, 30 Juli 2022 12:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Sedikit demi sedikit Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani, bagikan sejumlah momen bahagia di acara pernikahan putra bungsunya, Luqman Indra Pambudi Sumartono, pada akhir pekan lalu. Yang terbaru ia unggah beberapa foto acara tumplak punjan, salah satu proses pernikahan dalam adat Jawa.

Di keterangan fotonya, sahabat Retno Marsudi itu menjelaskan makna prosesi tumplak punjan. "Tumplak berarti menuang/tumpah. Punjen berarti pundi-pundi simbol dari hasil jerih payah orang tua. Pada masa lalu Punjen berisi beras kuning, bumbu dapur dan rempah-rempah dan sejumlah uang logam," tulisnya di Instagram, Sabtu pagi, 30 Juli 2022.

"Tumplak Punjen adalah simbol orang tua memberikan bekal bagi anak-anak menjalani kehidupan dan merintis masa depan mereka sendiri dengan berkeluarga dan menjadi orang tua," tambahnya.

Di prosesi tersebut, juga berisi nasihat orang tua kepada anak-anaknya agar dalam menjalani hidup memiliki sikap rajin bekerja, amanah, menjaga kebahagian dan kesehatan dan selalu jujur, tidak tamak, sabar ridho dan ikhlas dalam menjalani hidup.

"Acara tumplak punjen dilaksanakan sebagai simbol bahwa kami sebagai orang tua tiga putra putri kami - telah menyelesaikan (pamungkas) kewajiban sebagai orang tua dengan menikahkan seluruh putra putrinya," ungkapnya.

Di penghujung keterangan fotonya, Sri berdoa agar keluarganya selalu dalam lindungan Tuhan.

"Semoga Alah SWT senantiasa memberikan perlindungan, kasih sayang dan limpahan rahmat hidayah bagi seluruh keturunan kami anak-mantu dan cucu-cucu dan keturunan seterusnya. Aamiin YRA," tutupnya.

Beralih ke foto, Sri tampil anggun mengenakan kebaya kartini warna nyiur hijau dipadu dengan kain batik coklat. Ia juga memakai selendang polos warna coklat muda.

Untuk gaya rambut, ia menata rambutnya dengan sanggul klasik Jawa lengkap dengan hiasan melati dan tusuk konde keemasan.

Sementara sang suami, Tonny Sumartono, tampil gagah mengenakan beskap kecoklatan serta blangkon dan kain batik warna senada.

Anak, menantu, dan cucu Sri, selain pengantin, kompak berbusana senada. Para perempuan memakai kebaya warna peach dipadu dengan kain batik. Sementara para pria memakai beskap dan blangkon coklat seperti Tonny.

Selain bagikan potret tumplak punjen, Sri juga unggah beberapa foto jadul ia bersama suami dan ketiga anaknya, Dewinta Illinia Sumartono, Adwin Haryo Indrawan Sumartono, dan Luqman. Ia juga perlihatkan potret keakraban ketiganya mereka ulang gaya foto mereka saat remaja.

Sri Mulyani kali pertama bagikan kabar bahagia pernikahan putra bungsunya dua hari setelah acara berlangsung. Ia mengunggah video yang menunjukkan kilasan rangkaian acara pernikahan Luqman, dari acara pengajian dengan nuansa putih hingga hari pernikahan. 

Baca juga: Cerita Didiet Maulana Merancang Kebaya Kartini untuk Sri Mulyani