Cerita Didiet Maulana Merancang Kebaya Kartini untuk Sri Mulyani

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Didiet Maulana merancang kebaya kartini untuk Sri Mulyani/Foto: Instagram/Foto: Instagram/Didiet Maulana

Didiet Maulana merancang kebaya kartini untuk Sri Mulyani/Foto: Instagram/Foto: Instagram/Didiet Maulana

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Desainer kebaya dari Ikat Indonesia, Didiet Maulana kembali menceritakan pengalamannya merancang kebaya untuk figur publik. Kali ini, Didiet dipercaya membuatkan kebaya Kartini untuk Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk acara pernikahan anaknya, Luqman Indra Pambudi.   

"Bersama orang tua pengantin, kebaya Kartini Ibu Ani dan Beskap Sikepan Pak Tonny untuk akad nikah Mas Luqman," tulisnya. 

Ibu Sri Mulyani mengenakan kebaya berwarna hijau segar seperti warna nyiur hijau dengan selendang lembut dan sindur (kain merah putih) yang ada di pinggang. Bapak mengenakan beskap model Sikepan yang tidak dikancing, sehingga bagian dalam vest nya terlihat. Beskap Bapak dengan bordir emas muda bermotif klasik yang diambil dari busana antik Jawa.

"Kedua orang tua mengenakan kain batik tulis Truntum Gurdo yang bermakna sangat baik untuk mendoakan kedua mempelai. Terima kasih Ibu dan Bapak atas kepercayaannya," tulisnya. 

Sebelumnya, Didiet juga merancang beberapa kebaya untuk figur publik seperti Maudy Ayunda dan Bunga Citra Lestari. Melansir laman Instagram Didiet Maulana, kebaya menurut modelnya secara garis besar dibagi menjadi dua, yaitu Kebaya Kartini (berpotongan V, model ini sering dipakai oleh Ibu Kartini), dan Kebaya Kutubaru, kebaya dengan potongan bahan yang menghubungkan sisi kanan dan kiri badan.

Maudy Ayunda mengenakan kebaya kutubaru klasik saat menghadiri pernikahan Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo, Ahad, 20 Maret 2022 (Instagram/@maudyayunda)

"Untuk Maudy, kami terinspirasi dari kebaya Kutubaru berpotongan pendek, yang jaman dahulu sering dipakai sebagai busana sehari-hari oleh perempuan Indonesia di beberapa daerah," tulisnya pada Senin, 21 Maret 2022.

Sementara itu, Kebaya Kutubaru yang dikenakan Bunga Citra Lestari atau BCL mempunyai ciri khas potongan kebaya modern karya Didiet Maulana. Melalui laman Instagramnya, desainer Ikat Indonesia Didiet Maulana menerangkan kebaya kutubaru yang dikenakan penyanyi Selamanya Cinta itu. "Kebaya warna biru abu-abu dengan kain sogan yang diwiron (lipit)," tulis Didiet.

Bunga Citra Lestari mengenakan kebaya kutubaru modern karya desainer Ikat Indonesia Didiet Maulana/Foto: Instagram: Didiet Maulana

Keunikan dari kebaya ini adalah desain ujung kebaya yang melingkar oval dan melembutkan tampilan pemakainya. Walau berdarah Minang, BCL tampak luwes berkebaya.

Baca: Gaya Sri Mulyani Pakai Kebaya Kutubaru di Acara Siraman Putra Bungsunya

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."