Ayudia Bing Slamet Mantap Berhijab saat Melahirkan: Kayak Diingetin

Ayudia Bing Slamet. Foto: Instagram/@ayudiac

profil

Ayudia Bing Slamet Mantap Berhijab saat Melahirkan: Kayak Diingetin

Rabu, 27 Juli 2022 19:40 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris sekaligus pemengaruh dan pebisnis, Ayudia Bing Slamet mantap berhijab pada 2016. Keputusannya untuk menutupi aurat terjadi saat ia akan melahirkan anak pertamanya, Dia Sekala Bumi.

Di ruang bersalin, keponakan Adi Bing Slamet mengingat kemungkinannya meninggal kala itu, sehingga ia ingin menjadi pribadi lebih baik, salah satunya berjilbab.

"Di momen gue melahirkan itu, 'Dit (Ditto), gue tanya susternya, ya. Gue bisa nanti gak sih dengan aktivitas melahirkan'. Dan, gue beneran nanya, 'sus nanti aku ada kans untuk meninggal'. Gak cuma bertanya-tanya (dalam hati)," ungkapnya saat ia dan suami, Muhammad Pradana Budiarto atau lebih dikenal Ditto Percussion menjadi bintang tamu podcast Daniel Tetangga Kamu yang diunggah di kanal Youtube Daniel Mananta Network, Selasa, 26 Juli 2022.

"Akhirnya gue kayak ngerasa gue harus lebih baik. Diingetin aja, 'nih ada yang ciptain lho (dianugerahi anak)'," sambungnya. 

Dalam waktu singkat itu, Ayudia melihat betapa besar kuasa Tuhan dengan kehadiran anak. Ia merefleksikan siklus kehidupan dari janin dan bayi dalam kandungan, melahirkan, serta anak tumbuh dan berkembang.

"Dulu gak ada, sekarang lo ada. Jadi, lo harus berarti 'eh lo bersyukur' kayak diingetin gitu," imbuhnya.

Ditto mengaku belum tahu keputusan Ayudia berhijab kala itu. "Dari yang pake (busana) kebuka-buka. Lahiran masih belum berhijab. Tiba-tiba dia bilang, gue mo hijab, ya," imbuh perempuan 31 tahun itu.

Di podcast tersebut, Ditto mengungkapkan itu merupakan kali pertama ia mengetahui alasan istrinya mantap berhijab. Sebab selama ini ia tidak pernah bertanya kepada Ayudia karena menghormati keputusan itu sangat personal.

"Hijab menurut gue it's personal banget. Hanya dia yang tahu kenapa menutup aurat. Gue gak mo ngulik itu, takutnya jadi malu, jadi gak bisa cerita," ujar Ditto.

Kembali ke Ayudia, ia juga mengungkapkan bahwa pilihannya untuk berhijab karena bagian menjaga penampilannya sebagai istri.

"Mungkin Tuhan juga ngasih tahu kenali diri lo. Karena menurut gue, ketika kita tahu kekuatan dan kelemahan kita, itu bisa nganter kita ke kebaikan atau keburukan. Dan itu (berhijab) cara gue untuk menjaga pernikahan gue, istilahnya," tuturnya.

Menurutnya, berbusana terbuka dan tampilannya adalah salah satu pesona dirinya. Hal itu bisa memicu godaan untuk dirinya dan lawan jenis saat berumah tangga. Oleh karena itu, ia memilih jalan menutup aurat untuk dirinya dan suami.

Hingga saat ini, Ayudia mengungkapkan selalu berproses menjadi lebih baik dalam berhijab. Baginya, ini perjalanan spiritual yang tak pernah berhenti.

"It's never ending journey. Sekarang apa yang gue lakuin masih berproses," tandas Ayudia Bing Slamet.

Baca juga: Ayudia Bing Slamet Rutin Donasi Pakaian demi Kurangi Limbah