Ingat Pesan Ustad, Paula Verhoeven Ajarkan Surah Alquran Ini kepada Dua Putranya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Paula Verhoeven bersama kedua putranya, Kiano Tiger Wong dan Kenzo Eldrago Wong. Foto: Instagam/@paula_verhoeven

Paula Verhoeven bersama kedua putranya, Kiano Tiger Wong dan Kenzo Eldrago Wong. Foto: Instagam/@paula_verhoeven

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Model, Paula Verhoeven ungkap ada salah satu pesan ustad soal mendidik anak yang sudah didengarnya sebelum dikaruniai buah hati. Pesannya adalah alangkah baiknya orang tua yang mengajarkan surah Al-Fatihah kepada buah hatinya. Maka dari itu, ia berpesan kepada pengasuh atau orang-orang yang berada di rumahnya, agar tidak mengambil kesempatan itu.

"Denger kata ustad, kalau bisa Al-Fatihah itu yang ngajarin orang tua. Wah, itu langsung, suster, orang rumah 'jangan, ngajarin Al-Fatihah, ya'. Jatah gue nih, amal jariyah. Aku denger (pesan) itu sebelum punya anak," ujar Paula dikutip dari vlog yang diunggah di kanal Youtube Dhimas Dini Journey, Senin, 4 Juli 2022.

"Jadi dari situ, aku suka nitip-nitip (pesan) 'kamu boleh ngajarin (surah Alquran) mana pun, selain Al-Fatihah. Jadi, dari bayi, sebelum mereka (anak-anaknya) ngomong, aku selalu ngajarin Al-Fatihah. Makanya dia gampang ngingetnya sampe sekarang," ucap perempuan 34 tahun itu.

Menurut Paula, Kiano tiger Wong dan Kenzo Eldrago Wong di usia balitanya sudah mampu melafalkan surah pertama dalam Alquran itu. Ia pun bersyukur mengingat surah itu selalu dibaca saat salat wajib maupun sunah. 

"Al-Fatihah itu 17 kali dibaca dalam sehari (salat lima waktu)," tuturnya. Paula juga mengungkapkan mengajarkan surah-surah pendek Al-Quran lainnya sesuai usia Kiano dan Kenzo.

Dalam soal pengasuhan anak, di vlog lainnya, Paula mengaku ia lebih disiplin ketimbang Baim. Baim lebih longgar dan membebaskan anak dibandingkan dirinya, sementara ia lebih disiplin dalam beberapa hal, seperti membiasakan anak mandiri ataupun menerapkan aturan dalam keseharian.

"(Baim Wong) gak tega sama anak, kalau aku lebih tega karena aku disiplin," ujar Paula dikutip dari vlog yang diunggah di kanal YouTube Titi dan Tian, 1 Mei 2022.

Paula kemudian bagikan salah satu contoh soal kedisiplinan yang ia terapkan kepada Kiano saat pergi ke sekolah. Menjelang kelahiran Kenzo, Paula mulai membiasakan Kiano pergi ke sekolah tanpa ditemani ia dan Baim dan tidak ditunggu lagi olehnya. Jadi, Kiano hanya ditemani supir dan susternya ke sekolah.

"Pas aku lepas, dia (Kiano) nangis. Biasa di mobil ada aku, Baim, sekarang gak ada. Kalau sama Baim, udah (ditemani). Aku bilang 'mending kamu masuk ke dalam (rumah), aku aja'. Jadi, cuma nangis, jadi cuma berapa meter dia diam lagi. Kadang kan bawaan anak, cuma manja ada mama papanya," jelasnya.

"Jadi, aku suruh Baim masuk ke dalam. Aku yang kasih ke driver, asistenku sama susternya, udah dia jalan," tambahnya.

Selain concern soal kemandirian, Paula tegas menerapkan waktu tidur Kiano pukul setengah delapan malam. Pertimbangannya karena keesokan hari anak sulungnya pergi ke sekolah. Meski sekolah bermain dan gym anak setiap Senin hingga Rabu, Paula membiasakan Kiano tepat waktu tiba di sekolah sedari dini. Selain itu, lanjut Paula, Kiano tidur lebih awal dan bangun pagi merupakan kebiasaan yang ditanamkan agar tidak kaget saat sekolah di jenjang yang lebih tinggi.

Paula Verhoeven mengatakan menerapkan disiplin pada anak harus dilakukan kedua orang tua. Maka dari itu, ia dan Baim kerap berdiskusi dan berkompromi dalam segala hal. 

Baca juga: Paula Verhoeven Ungkap Momen Baim Wong Mendekati, Langsung Ajak Nikah

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."