Netflix bagi Tips Menggunakan Fitur Ramah Anak, Kelola Profil Sesuai Usia

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi tayangan televisi bermasalah. Shutterstock

Ilustrasi tayangan televisi bermasalah. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dengan semakin pesatnya peran hiburan dalam kehidupan kita sehari-hari, kegiatan menonton serial atau film bersama anggota keluarga merupakan aktivitas yang lazim dijalani. Mengingat begitu beragamnya tayangan yang tersedia, wajar jika para orang tua ingin memiliki kendali atas apa yang dapat dinikmati oleh buah hatinya. Inilah mengapa Netflix menghadirkan berbagai tayangan keluarga dari seluruh dunia, misalnya The Boss Baby atau The Octonauts. 

Tersedia fitur pengendalian bagi orang tua demi terjaganya rasa aman selama anak-anak menikmati Netflix. Simak panduan memilih tayangan keluarga berikut. 

1. Buat profil yang beragam untuk berbagai usia

Satu akun Netflix dapat memuat lima profil. Setiap profil dapat diatur menurut usia masing-masing sehingga tayangan yang tersedia pun sesuai dengan batas usia. Untuk melakukannya, klik Kelola Profil lalu “Tambahkan Profil. Jika Anda ingin membuat profil generik untuk sang buah hati, pilihlah profil “kids” yang hanya akan menyajikan tayangan yang ramah anak

2. Kenali pusat “Profil dan Kontrol Orang Tua”

Semua pengaturan untuk profil - baik milik Anda maupun anak-anak - bisa dilakukan di satu tempat. Di laman Akun, Anda dapat mengatur bahasa yang digunakan, batas usia, sampai aturan playback sesuai keinginan. 

3. Menyesuaikan level rating

Setelah Anda membuat profil terpisah bagi anak-anak, langkah selanjutnya adalah memastikan mereka hanya dapat mengakses tayangan sesuai batas usia. Klik “Pembatasan Streaming” dari “Profil dan Kontrol Orang Tua” dan pilihlah rentang usia yang sesuai. Dengan begini, tayangan yang tersedia sudah sesuai dengan usia mereka. Pengaturan ini hanya bisa diganti dengan menggunakan kata sandi.

Baca: Pangkas Konten, Netflix Tak Lanjutkan Serial Animasi Meghan Markle Pearl

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."