Tinggal bersama Mertua, Simak 3 Kiat Menjaga Kesehatan Mental Anda

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi mertua. Shutterstock.com

Ilustrasi mertua. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak orang membuat keputusan untuk tinggal bersama  mertua dan merawat mereka seiring bertambahnya usia. Namun, dengan beberapa generasi yang tinggal di rumah yang sama, pasti ada konflik tertentu yang tidak dapat Anda selesaikan. Jika Anda pernah berada dalam situasi di mana Anda merasa menemui jalan buntu dengan mertua Anda atau bahwa Anda telah mengalami perilaku beracun tertentu dari mereka, maka Anda mungkin menyadari bahwa itu memengaruhi kesehatan mental Anda.

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan mental Anda jika Anda tinggal bersama mertua

1. Jika ada masalah, bicarakan secara terbuka dengan suami

Cara terbaik untuk mengatasi perasaan pahit terhadap mertua adalah melakukan percakapan jujur dengan suami. Di obrolan itu, Anda bisa memberi tahu dia semua cara di mana orang tuanya telah menyakiti Anda. Ini akan membantu Anda melampiaskan frustrasi Anda, sehingga perasaan tidak tertahan dan masalah tidak berlanjut.

Sering kali membicarakannya dengan pasangan Anda akan membuat Anda merasa lebih baik dan Anda mungkin tidak melihat perlunya mereka campur tangan atas nama Anda.

2. Luangkan waktu berkumpul dengan teman-teman wanita

Tidak semua masalah perlu dibahas panjang lebar, dan Anda tidak perlu menyalahkan setiap situasi. Terkadang yang Anda butuhkan hanyalah keluar malam dengan teman-teman perempuan Anda untuk menyegarkan suasana hati.

Jadi, teleponlah teman-teman Anda dan keluarlah dari lingkungan rumah Anda dan pergilah bersama teman-teman yang membuat Anda merasa lebih baik tentang diri Anda sendiri. Beberapa makanan dan minuman yang enak dapat membantu meringankan beban mental Anda.

3. Mulailah perjalanan akhir pekan dengan pasangan Anda

Jika Anda tinggal dengan mertua Anda, Anda mungkin sering menemukan bahwa Anda tidak mendapatkan banyak waktu dengan pasangan Anda. Dalam kasus seperti itu, jika Anda merasa ruang pribadi Anda telah dilanggar, maka Anda dapat merencanakan liburan akhir pekan dengan pasangan.

Beberapa waktu jauh dari mertua akan membuat Anda kehilangan kehadiran mereka sehingga ketika Anda tiba di rumah, Anda berdua mungkin lebih menyenangkan satu sama lain.

Baca juga: 6 Cara Menghadapi Ibu Mertua yang Suka Ikut Campur

PINK VILLA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."