Soal Mengasuh Anak, Paula Verhoeven: Aku Lebih Disiplin

(paling kiri) Paula Verhoeven bersama suami, Baim Wong, dan kedua anaknya, Kiano Tiger Wong dan Kenzo Eldrago Wong. Foto: Instagram/@paula_verhoeven

keluarga

Soal Mengasuh Anak, Paula Verhoeven: Aku Lebih Disiplin

Rabu, 11 Mei 2022 12:25 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam mengasuh kedua putranya, Kiano dan Kenzo, Paula Verhoeven mengaku lebih disiplin dibandingkan suaminya, Baim Wong. Menurut model 34 tahun itu, Baim lebih longgar dan membebaskan anak dibandingkan dirinya. Sementara ia lebih disiplin dalam beberapa hal, seperti membiasakan anak mandiri ataupun menerapkan aturan dalam keseharian.

"(Baim Wong) gak tega sama anak, kalau aku lebih tega karena aku disiplin," ujar Paula dikutip dari vlog yang diunggah di kanal YouTube Titi dan Tian, 1 Mei 2022.

Paula kemudian bagikan salah satu contoh soal kedisiplinan yang ia terapkan kepada Kiano saat pergi ke sekolah. Menjelang kelahiran Kenzo, Paula mulai membiasakan Kiano pergi ke sekolah tanpa ditemani ia dan Baim dan tidak ditunggu lagi olehnya. Jadi, Kiano hanya ditemani supir dan susternya ke sekolah.

"Pas aku lepas, dia (Kiano) nangis. Biasa di mobil ada aku, Baim, sekarang gak ada. Kalau sama Baim, udah (ditemani). Aku bilang 'mending kamu masuk ke dalam (rumah), aku aja'. Jadi, cuma nangis, jadi cuma berapa meter dia diam lagi. Kadang kan bawaan anak, cuma manja ada mama papanya," jelasnya.

"Jadi, aku suruh Baim masuk ke dalam. Aku yang kasih ke driver, asistenku sama susternya, udah dia jalan," tambahnya.

Selain concern soal kemandirian, Paula tegas menerapkan waktu tidur Kiano pukul setengah delapan malam. Pertimbangannya karena keesokan hari anak sulungnya pergi ke sekolah. Meski sekolah bermain dan gym anak setiap Senin hingga Rabu, Paula membiasakan Kiano tepat waktu tiba di sekolah sedari dini. Selain itu, lanjut Paula, Kiano tidur lebih awal dan bangun pagi merupakan kebiasaan yang ditanamkan agar tidak kaget saat sekolah di jenjang yang lebih tinggi.

"Setengah delapan malam, tidur, ya. (jika tidak) berefek bangunnya siang. Kalau sama aku, di rumah, setengah delapan udah naik kasur. Awalnya itu, aku juga debat sama Baim. Aku yakinkan nanti efeknya kalau anak udah beneran sekolah kayak SD, harus bangun jam 7, jalan, belum lagi lokasi sekolahnya jauh," ucap Paula.

Paula juga mengatakan menerapkan disiplin pada anak harus dilakukan kedua orang tua. Maka dari itu, ia dan Baim kerap berdiskusi dan berkompromi dalam segala hal. Jika di momen liburan dan Baim ingin memberi kelonggaran, Paula mengizinkan.

"Kalau lagi pergi bareng-bareng, papanya lagi mo ngasih apa, ya kita ikutin walaupun kita gak seneng. Biar anaknya gak bingung, mau ke bapak atau mamanya," ungkapnya.

Dalam mengasuh anak, Paula Verhoeven mengungkapkan banyak menyerap ilmu dari dokter dan psikolog anak agar sesuai perkembangannya. Setelah berkonsultasi, Paula menerapkan sesuai karakter masing-masing anaknya.

Baca juga: Mengasuh Dua Batita, Paula Verhoeven Terus Belajar Menghindari Kata-kata Ini