Mengasuh Dua Batita, Paula Verhoeven Terus Belajar Menghindari Kata-kata Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Paula Verhoeven bersama kedua putranya, Kiano Tiger Wong dan Kenzo Eldrago Wong. Foto: Instagram/@paula_verhoeven

Paula Verhoeven bersama kedua putranya, Kiano Tiger Wong dan Kenzo Eldrago Wong. Foto: Instagram/@paula_verhoeven

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Model, Paula Verhoeven mengaku terus belajar menjadi ibu untuk kedua putranya yang masih batita, Kiano Tiger Wong (2 tahun) dan Kenzo Eldrago Wong (4 bulan). Ia tak pernah bosan menggali informasi terkiat tumbuh kembang dan cara mengasuh anak dari sumber terpercaya, termasuk bertanya ke pakar.

"Jadi orang tua kan gak ada sekolahnya, jadi, aku selalu cari tahu ke dokter anak, tanya-tanya, gimana handle anak," ujarnya di konferensi pers virtual Frisian Flag, Kamis, 17 Februari 2022.

Selain itu, Paula juga belajar dari pengalamannya sendiri mengasuh Kiano. Memperhatikan pemilihan kata saat berinteraksi dengan anak salah satu hal yang terus diterapkannya. Ia menghindari kata 'jangan' dan 'tidak boleh' saat mengingatkan buah hatinya. Dari pengalamannya, saat diucapkan kata tersebut, Kiano malah melakukan sebaliknya.

"Anak kan gak bisa dibilang 'jangan'. Banyak orang bilang jangan bilang 'jangan lari', anak tuh malah nangkepnya (mendengar) lari. Jadi, aku terus berlatih bilangnya 'pelan-pelan, ya, kak (Kiano)'. Kata-kata negatif dihindari banget. Buat aku, ibu baru, itu gak gampang," tuturnya.

"Untungnya aku udah belajar pas Kiano, selama 2 tahun, jadi bisa diterapkan ke adiknya," lanjutnya.

Paula kemudian memberi contoh terbaru bahwa Kiano yang sudah menjalani belajar buang air kecil atau besar di toilet atau potty training, tiba-tiba kembali memilih pipis di popoknya. Meski sempat bingung dan tergoda untuk mengatakan 'jangan pipis lagi di popok', ia berusaha membujuk Kiano kembali buang air kecil di toilet setelah meminta kiat ke dokter anaknya.

"Pelan-pelan masuk (mengajarkan kembali potty training), gak bisa dipaksa, harus dikasih pengertian. 'Kakak, kan ini (buang air kecil) harusnya ke toilet. Kan, kemarin udah pinter' kayak gitu-gitu," imbuh perempuan 34 tahun itu.

Dalam mengasuh buah hati, Paula jujur mengakui tak bersama keduanya selama 24 jam. Sebagai ibu pekerja, adakalanya ia harus bekerja di luar rumah meski dalam waktu singkat. Di kala itu, ia melibatkan pengasuh, keluarga, dan orang-orang di sekitarnya untuk menemani Kiano atau Kenzo di rumah jika tak memungkinkan dibawa. 

Soal pola asuh anak, Baim Wong dan Paula Verhoeven sepakat menekankan hal-hal positif dan memberi contoh lewat permainan yang menyenangkan sesuai usia anak. 

Baca juga: Setelah Menikah dengan Baim Wong, Paula Verhoeven Akui Lebih Sabar

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."