Cara Mudah dan Simpel Zaskia Sungkar Membangun Bonding dengan Anak

Gaya Zaskia Sungkar selama di Labuan Bajo/Foto: Instagram/Zaskia Sungkar

keluarga

Cara Mudah dan Simpel Zaskia Sungkar Membangun Bonding dengan Anak

Jumat, 29 April 2022 19:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Di usia pernikahan Zaskia Sungkar dan Irwansyah yang kesepuluh tahun, keduanya dikaruniai anak pertama mereka Ukkasya Muhammad Syahki, pada 30 Maret 2021 lalu.

Proses perjalanan mendapatkan buah hati tersebut, membuat Zaskia dan Irwansyah memiliki waktu untuk berproses dan mencari sebanyak-banyaknya informasi mengenai cara merawat bayi dan juga proses tumbuh kembangnya. Salah satu hal yang menjadi perhatian bagi Zaskia dan keluarga adalah pentingnya melatih bonding antara orang tua dan anak.

“Salah satu aspek tumbuh kembang yang selalu saya perhatikan dan diperjuangkan sejak hadirnya Ukkasya di dalam kehidupan kami adalah proses bonding antara orang tua dan anak. Bagi saya bonding orangtua dan anak sangatlah penting agar anak merasa dirinya aman, nyaman, mendapat dukungan dan merasa diakui,” ujar Zaskia Sungkar.

Salah satu momen saya melatih bonding antara mereka sebagai orang tua dan anak adalah dalam momen memandikan anak. Terkesan simpel, tetapi sebetulnya dampaknya luar biasa. Zaskia dan suami bisa mendapatkan waktu berkualitas dan memberi perhatian penuh pada Ukkasya. Banyak juga momen indah yang mereka dapatkan ketika memandikan anak bersama. 

Seperti pertama kalinya dia tersenyum, tertawa saat bercanda bersama kami dan juga banyak momen manis lainnya yang masih lekat diingatan sampai hari ini. Ketika memandikan anak saya juga berusaha untuk memberikan stimulasi dimulai dengan memberikan sentuhan halus yang pastinya menyenangkan karena Ukkasya suka sekali," ungkapnya. 

"Selesai memandikan, saya pasti juga memberikan wewangian dan perawatan kulit lain di tubuhnya sembari bercanda dan juga mengobrol kecil dengan bayi. Hal-hal simpel seperti ini merupakan cara kami untuk dekat dalam menjalani keseharian bersama Ukkasya.” 

Sejak lama, praktisi kesehatan menyatakan pentingnya memandikan bayi untuk menjaga kesehatan tubuh bayi. Namun belakangan, peneliti juga menemukan bahwa rutinitas sehari-hari yang terlihat biasa saja seperti memandikan bayi dan sentuhan lembut yang diberikan ketika orang tua memandikan bayi ternyata memiliki dampak yang lebih besar dari yang diperkirakan.

R&D Manager PZ Cussons Indonesia Britsanti Dewi Hernawati mengatakan melalui penelitian ekstensif, ahli Neuroscientists di dalam tim riset Cussons telah menemukan bahwa membelai kulit dengan lembut membantu mendukung perkembangan otak melalui sistem saraf yang baru ditemukan di kulit bayi yang menanggapi sentuhan kasih sayang orang tua.

"Sentuhan yang lembut tidak hanya dapat mempengaruhi perkembangan otak dan emosi bayi, tetapi juga membantu mendukung sistem kekebalan, mempengaruhi suasana hati, tingkat stres dan banyak manfaat yang lain. Kegiatan sehari-hari seperti waktu mandi, misalnya, sangat bermanfaat untuk memberikan kesejahteraan yang mendalam dan memperkuat cinta naluriah dan ikatan erat di tengah keluarga”.

(dari kanan) Zaskia Sungkar beserta keluarga saat mengunjungi Montana del Cafe di Bali. Foto: Instagram/@irwansyah

Cussons Baby Indonesia yang merupakan salah satu lini dari PZ Cussons yang khusus mengeluarkan produk perawatan kulit bayi mengumumkan Zaskia Sungkar sebagai Brand Ambassador. Kerjasama yang terjalin membawa sebuah misi untuk mengasah, mengedukasi dan juga berbagi ilmu dan pengetahuan seputar dunia parenting dan hal-hal yang berkaitan dengan proses tumbuh kembang anak secara fisik dan emosional di Indonesia. Hal tersebut juga sejalan dengan misi Cussons Baby untuk mengambil langkah kecil untuk kebaikan masa depan.

Head of Marketing Asia PZ Cussons, Riza Rahman berujar “Kami dengan bangga mengumumkan kerjasama dengan Zaskia Sungkar sebagai Brand Ambassador dari Cussons Baby Indonesia. Kerjasama ini merupakan sebuah langkah yang kami ambil didasari kesadaran betapa pentingnya bagi orang tua di zaman modern seperti sekarang untuk terus terlibat dan mau belajar tentang berbagai aspek tumbuh kembang anak.

Sebagai salah satu contoh orang tua modern yang memiliki kemauan untuk terus belajar dan juga memperdalam pengetahuan perihal pendampingan proses tumbuh kembang anak, kami berkeyakinan bahwa Zaskia merupakan sosok yang dapat berjalan bersama dengan Cussons Baby guna mendampingi orang tua Indonesia dalam mendukung tumbuh kembang bayi baik secara fisik maupun mentalnya dengan sepenuh hati.

"Bersama dengan Zaskia, kami percaya bahwa langkah kecil yang diambil oleh orang tua dalam mendampingi proses tumbuh kembang anaknya pasti memiliki dampak positif di kehidupan mereka pada masa mendatang. Zaskia Sungkar dan Irwansyah menjadi salah satu contoh pasangan selebriti yang inspiratif," pungkas Riza.

Baca: Suka Makan Nasi Warteg, Zaskia Sungkar: Parah, Enak Banget