Sahur bareng El dan Dul, Maia Estianty Masak Buntut Mercon

Maia Estianty sahur bersama El Rumi dan Dul Jaelani. Foto: tangkapan layar Youtube/Maia AlElDul TV

keluarga

Sahur bareng El dan Dul, Maia Estianty Masak Buntut Mercon

Jumat, 15 April 2022 03:08 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Musikus dan pengusaha, Maia Estianty bagikan momen sahur bersama dua putranya, El Rumi dan Dul Jaelani. Sementara, putra sulungnya, Al Ghazali tengah syuting webseries, sehingga belum bisa sahur bersama, jelas Maia.

Sebelum sahur, Maia masak hidangan favorit El, yaitu buntut mercon. Vlog diawali dengan aktivitas Maia menyiapkan bahan masakan, yaitu memotong cabai merah dan belimbing wuluh. Ia kemudian menghaluskan bumbu seperti cabai merah, cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih, di dalam blender. 

"Bumbunya blender aja biar praktis, biar cepet. Yang penting rasanya, enak banget," ujarnya dikutip dari vlog yang diunggah di kanal Youtube keluarganya, Maia AlElDul TV, Kamis, 14 April 2022.

Setelah diblender, bumbu dimasak bersama petai, lalu ditambah air dan buntut. Sebelum digabungkan dengan bumbu, Maia mengungkapkan buntut terlebih dahulu dipresto selama beberapa waktu.

"Ini makanan enak banget, ada pedas, asin, asam, gurih. Ini kalau enggak salah makanan Jogja. Enak banget," imbuh Maia sambil mengaduk dan mencicipi masakannya.

Maia Estianty masak buntut mercon untuk sahur bersama dua putranya, El Rumi dan Dul Jaelani. Foto: tangkapan layar Youtube/Maia AlElDul TV

Usai masak, Maia pergi mandi. Setelah itu, ia memanaskan hidangan di dapur sebelum disajikan di atas meja makan. Selain buntut mercon, Maia menyiapkan fuyunghai, ayam goreng mentega, dan bihun sebagai pilihan menu sahur lainnya. Maia mengatakan tiga makanan tersebut dibeli, bukan hasil masakannya.

"Beli aja yalah, kalau masak semua bisa gempor tangan eike," candanya. 

Setelah itu, Maia membangunkan El yang masih tidur lelap di kamarnya. Tak perlu upaya keras untuk membangunkan El, Maia hanya beberapa kali memanggil namanya saat di dalam kamar.

Ternyata ibu dan anak itu tak langsung menyantap makanan. Keduanya menunggu si bungsu, Dul Jaelani yang masih rekaman lagu di studio yang berada di kediaman tersebut. Sambil menunggu, Maia dan El mencicipi fuyunghai serta bertukar cerita tentang awal Ramadan.

Maia Estianty dan anak keduanya, El Rumi. Foto: tangkapan layar Youtube/Maia AlElDul TV

Maia mengisahkan sahur pertama hanya ditemani Dul. Dan, sehari sebelum Ramadan, Tissa Biani, pacar Dul, datang ke rumah berpamitan karena akan syuting di Yogyakarta selama hampir sebulan.

Mendengar kisah Maia, El berkelakar bahwa tahun ini pacarnya belum bisa datang ke rumah. Maia pun merespons dengan tertawa lebar. Seperti diketahui usai putus dari Marsha Aruan pada 2019 silam, El belum terdengar punya pujaan hati baru.

Setelah beberapa saat, akhirnya Dul menghampiri ruang makan. Maia dan El pun tampak senang dan mengungkapkan mereka belum makan demi menunggu kehadiran Dul.

"Belum makan, nungguin kamu," ujar Maia menyambut putra bungsunya duduk di kursi meja makan. "Yo, ambil nasi," respons El tanpa buang waktu beranjak dari kursinya menuju penanak nasi di dapur.

Setelah mengambil nasi merah secukupnya, ibu dan dua jagoannya mulai menyantap hidangan. Seperti kebanyakan keluarga, Maia beserta El dan Dul bertukar cerita seputar keseharian ataupun pekerjaan saat makan keluarga.

Baca juga: Maia Estianty Bicara Plus Minus Nikah Muda kepada Anak-anaknya