Maia Estianty Bicara Plus Minus Nikah Muda kepada Anak-anaknya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Maia Estianty (Instagram/@maiaestianty)

Maia Estianty (Instagram/@maiaestianty)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Musisi dan pengusaha, Maia Estianty berdiskusi soal nikah muda dengan ketiga putranya, Al Ghazali, El Rumi, dan Dul Jaelani serta Alyssa Daguise, pacar Al Ghazali. Topik nikah muda dibahas saat Maia menanyakan kelanjutan niat si bungsu Dul menikah dengan kekasihnya, Tissa Biani, yang baru berusia 19 tahun. Adapun Dul berusia 21 tahun.

"Katanya, dia mo nikah muda, dilamar dulu aja, Dul," ujar Maia dikutip dari kanal YouTubenya, Maia AlElDul TV, Jumat, 12 November 2021.

"Insya allah, lagi sharing-sharing sama yang udah nikah muda," jawab Dul. 

Kemudian Dul menyebutkan nama salah satu sepupu laki-lakinya yang menikah di usia 24, lalu memiliki anak setahun kemudian. "Lagi sharing-sharing sama yang nikah muda, plus minusnya, pertimbangannya. Istikharah ya. Kan nikah harus sekali seumur hidup, insya allah," sambungnya.

Dul pun bertanya kepada Maia plus minus nikah muda dari pengalamannya. Maia menikah dengan Ahmad Dhani, mantan suaminya yang juga ayah Al, El, Dul, saat masih berusia 19 tahun. "Bunda sebagai yang pelaku nikah muda, plus minusnya apa nikah muda," tanya Dul.

Maia Estianty mengobrol soal nikah muda dengan dua putranya, El Rumi dan Dul Jaelani. Foto: tangkapan layar YouTube/Maia AlElDul TV

"Emosian," jawab Maia dengan cepat. "Plusnya dulu deh," timpal dul.

"Plusnya adalah punya anak-anaknya (di usia) muda. Sekarang jaraknya (usia) gak terlalu jauh," ujarnya. "Jadi kayak temen," respons El Rumi yang sejak awal menyimak perbincangan ibu dan adiknya.

Selanjutnya, Maia membeberkan kekurangan lain dari nikah muda yang dirasakannya. Selain mudah emosi, menurutnya, nikah muda belum siap secara pemikiran untuk membina rumah tangga.

"Belum matang, belum stabil secara pemikiran," imbuhnya. "Jeleknya masa muda juga hilang," tambahnya.

Dul mengungkapkan jika nanti jadi nikah muda, ia dan Tissa berencana punya anak setahun setelah menikah.

Maia Estianty makan malam bersama ketiga putranya, Al Ghazali, El Rumi, dan Dul Jaelani, serta Alyssa Daguise, pacar Al Ghazali. Foto: tangkapan layar YouTube/Maia AlElDul TV

Selesai membahas nikah muda, topik obrolan beralih ke pencapaian jangka pendek yang ingin diwujudkan. Si sulung Al Ghazali mengungkapkan ingin membeli rumah, El Rumi ingin membuka cabang kedai kopinya, Ruma Rumi lebih banyak, dan Dul merilis album band. Adapun Maia mengaku ingin punya cucu dalam waktu dekat.

"Punya cucu," ujar Maia sambil tertawa. "Insya allah sebentar lagi," kata El Rumi. "Dari siapa?" Maia balik bertanya. "Enggak tahu," respons El Rumi sambil tersenyum.

Lalu, Dul, Al, dan Alyssa menggoda El bahwa bisa jadi El yang pertama menikah dan memberi cucu untuk Maia. "Tiba-tiba kakak El nikah duluan," ucap Dul. El pun terlihat tertawa. "Tiba-tiba kakak El (menikah), wah," ungkap Maia menggoda putranya yang kini sedang jomblo.

Sebagai informasi, Maia menggugat cerai Ahmad Dhani pada 2007 dan  baru resmi bercerai pada 2008. Kemudian, Ahmad Dhani menikah dengan Mulan Jameela, mantan rekan duet Maia Estianty di grup Ratu. Adapun Maia menikah dengan Irwan Mussry pada Oktober 2018.

Baca juga: 3 Tahun Menikahi Irwan Mussry, Maia Estianty: Perjalanan yang Menyenangkan

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."