Masak Kari Kambing Bareng Suami, Arumi Bachsin: Kita Bagaikan Honeymoon

Arumi Bachsin dan suami, Emil Dardak. Foto: tangkapan layar YouTube Arumi Bachsin

ragam

Masak Kari Kambing Bareng Suami, Arumi Bachsin: Kita Bagaikan Honeymoon

Kamis, 22 Juli 2021 16:40 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris Arumi Bachsin membagikan momen masak bersama suami tercinta, Emil Dardak. Pasangan yang telah dikaruniai dua anak ini menunjukkan kekompakannya saat menyiapkan bahan dan memasak kari daging serta roti jala di hari raya Idul Adha 2021 pada Selasa, 20 Juli 2021.

Arumi dan Emil terlebih dahulu memotong daging kambing bagian paha dan kaki menjadi ukuran kecil yang mudah disantap. Di sela-sela memotong daging kambing, Arumi mengapresiasi kesediaan suaminya membantu memasak.

"Laki-laki sejati itu tidak takut masuk dapur, bener gak?" ucap Arumi kepada Emil.

"Masuk dapurnya enggak takut, tapi ngerjainnya itu (memasak)," respons Emil.

"Tapi, maksudnya enggak gengsi," sambung Arumi. "Oh, enggak," timpal Emil yang juga menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur. 

Usai memotong daging kambing, Arumi menunjukkan sejumlah bumbu kepada Emil. Bumbunya antara lain bawang putih, bawang merah, daun salam, daun jeruk, sereh, lengkuas, kayu manis, cengkeh, adas, kembang lawang, asam kandis, hingga santan.

(kiri ke kanan) Arumi Bachsin dan suami, Emil Dardak, memotong daging kambing. Foto: YouTube Arumi Bachsin

Arumi kemudian menunjukkan bumbu kari spesial yang telah disiapkan oleh ibundanya, Maria Lilian Pesch. "Trus ini adalah bumbu spesialnya, aku isinya enggak terlalu tahu karena mamaku yang bikin. Cuma yang pasti ini pedas dan ada bau karinya," tuturnya.

Ia lalu memanaskan minyak secukupnya di dalam wajan. Setelah minyak panas, Arumi memasukkan bawang putih, bawang merah, lengkuas, sereh, daun salam, dan daun jeruk. Setelah bumbu berwarna kecoklatan, Arumi menambahkan bubuk bumbu kari buatan ibunya ke dalam wajan. Ia lalu mengaduk rata bubuk kari dengan bumbu lainnya.

Baca juga: Cerita Arumi Bachsin Belajar Masak setelah Menikah, Suami Dukung Lewat Pujian

Tahap selanjutnya, Arumi memasukkan potongan daging ke dalam wajan dan mengaduk rata dengan bumbu. Di tahap ini, Arumi meminta bantuan suami untuk mengaduknya. "Capek, sayang. Kalau ada suami, kita kan manja, ya. Capek," ucap Arumi dengan nada manja ke Emil.

(kanan ke kiri) Arumi Bachsin masak bareng suami, Emil Dardak. Foto: YouTube Arumi Bachsin

Dengan sigap, Emil membantu Arumi. Pria 37 tahun itu terlihat tidak kesulitan melapisi daging kambing dengan bumbu. Ternyata, ia sudah terbiasa memasak sendiri saat sekolah di luar negeri. Kala itu, ia biasanya memasak nasi goreng dan mi goreng.

Setelah daging kambing dilapisi bumbu dengan merata, Arumi menambahkan air matang hingga daging kambing terendam dan memasukkan rempah seperti adas, bunga lawang, kayu manis, cengkeh, dan asam kandis.

"Trus abis itu kita tunggu sampe mendidih, kita cek juga udah empuk (daging kambing) atau enggak. Dan, kita jangan lupa masukkin santan nanti," ujarnya.

Baca juga: Dirias oleh Putrinya, Arumi Bachsin Perdana Pakai Eyeshadow Warna Ungu

Sembari menunggu kari mendidih, Arumi dan Emil membuat roti jala. "Oke, roti jala itu terdiri dari tepung, telur, garam, dan susu," tukasnya.

Arumi terlihat menambahkan air secukupnya saat Emil mencampur bahan-bahan di atas. "Kita bagaikan honeymoon (bulan madu), sayang. Kado honeymoon terindah gini," ujar Arumi dengan mesra saat berdiri di belakang Emil dan menempelkan dagunya ke bahu Emil.

Setelah tercampur sempurna, adonan dimasukkan ke dalam kantung plastik lalu diikat kencang dan ujung bawahnya digunting untuk menuangkan adonan ke dalam wajan. Sebelum itu, Arumi sudah menuangkan mentega ke dalam wajan di atas api kompor sedang.

"Gak nyambung (adonannya)," tutur Arumi saat melihat bentuk roti jala buatannya tak seperti pada umumnya, yaitu dadar gulung dengan jaring-jaring.

Karena eksperimennya tak berhasil, Arumi memutuskan membuat roti ala pancake. Ia tak lagi menggunakan plastik saat menuangkan adonan ke wajan, tapi memakai sendok sayur. Di percobaan pertamanya, pancake ala Arumi sedikit gosong di salah satu sisinya. Emil tetap mencicipi pancake tersebut. "Apa aja dimakan," ucapnya. "Enak kan, suamiku," timpal Arumi.

Kemudian tekstur pancake selanjutnya mirip roti maryam. Di sela-sela memasak, Emil tampak menyantap pancake tersebut dengan madu.

Usai membuat pancake secukupnya, Arumi tampak menambahkan santan ke dalam kari kambing yang sudah mendidih. Ia kembali meminta bantuan Emil untuk mengaduknya hingga mendidh kembali. Terakhir, Arumi memasukkan potongan tomat segar.