7 Pertanyaan Paling Umum Seputar Rosacea

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi Rosacea. Wikimedia.org

Ilustrasi Rosacea. Wikimedia.org

IKLAN

3. Apakah semua jenis kemerahan pada wajah termasuk rosacea?

Karena gejala nomor satu rosacea adalah kemerahan yang menonjol, beberapa orang menganggap bahwa kemerahan yang terlihat adalah tanda dari kondisi kulit. Pada kenyataannya, Green mengatakan bahwa rosacea ditandai dengan kemiripan kulit terbakar matahari yang terus-menerus di bagian tengah wajah dan berlangsung setidaknya selama tiga bulan.

“Rosacea juga bisa terjadi pada mata—disebut ocular rosacea—dan ditandai dengan mata gatal, kering, iritasi, dan merah,” kata Dr. Green. “Mata juga bisa menjadi fotofobik dan mungkin mengalami blepharitis, atau pembengkakan kelopak mata.”

Jadi, jika bagian tengah wajah Anda tidak merah, tetapi mata Anda terus-menerus, itu harus menjadi alasan untuk membuat janji dengan dokter kulit Anda untuk diperiksa lebih lanjut.

"Jika Anda mengalami kemerahan di wajah, penting untuk berkonsultasi dengan dokter kulit bersertifikat untuk diagnosis yang tepat dari setiap kondisi kulit dan rencana perawatan yang benar,” imbuh Green.

4. Apa penyebab rosacea?

Meskipun termasuk masalah kulit yang sangat umum, penyebab pasti rosacea tidak diketahui. Menurut dr. Green, ada beberapa faktor pendukung yang saat ini sedang diteliti.

“Pertama, rosacea mungkin genetik. Mereka yang memiliki riwayat keluarga rosacea telah diamati memiliki peningkatan risiko rosacea,” kata Dr. Green “Kedua, rosacea juga bisa disebabkan oleh sistem kekebalan yang terlalu aktif. Para peneliti menemukan bahwa bakteri Bacillus oleronius merangsang respons imun pada 79% dari 22 pasien dengan subtipe dua rosacea.

Faktor ketiga, tungau mikroskopis, yang disebut Demodex folliculorum, yang biasanya hidup di kulit 20% hingga 80% orang dewasa dapat meningkat populasinya dengan perubahan pada kulit karena usia, stres, atau penyakit.

Terakhir, bakteri Helicobacter pylori, yang secara alami hidup di usus kita, dapat menghasilkan enzim yang menyebabkan kemerahan pada wajah dan munculnya rosacea.

Dalam istilah awam, ada sejumlah penyebab potensial untuk rosacea, tetapi tidak ada penelitian substansial yang cukup untuk mengatakan dengan pasti penyebabnya adalah satu faktor yang berdiri sendiri.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."