Cara Mengajarkan Anak Puasa, Coba Hindari Beri Makanan Manis

Ilustrasi anak-anak menunggu berbuka puasa di Jakarta, Selasa 14 April 2020. TEMPO/Subekti.

keluarga

Cara Mengajarkan Anak Puasa, Coba Hindari Beri Makanan Manis

Sabtu, 2 April 2022 16:48 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Para orang tua harus bersiap ekstra menghadapi bulan Ramadan. Beberapa dari orang tua itu harus mempersiapkan anak mereka belajar berpuasa untuk pertama kalinya. Dokter anak, Cut Nurul Hafifah pun membagikan cara mengajarkan anak puasa.

Dari segi umur, Cut Nurul mengatakan rata rata anak yang sudah bisa berpuasa berusia di atas 7 tahun. Menurutnya, pada usia tersebut dampak kesehatan yang tidak diinginkan akibat berpuasa semakin jarang ditemui. "Jika anak sudah lebih besar, ketika memasuki usia remaja, risiko hipoglikemia akan semakin berkurang. Mereka sudah lebih mampu menahan lapar dan haus. Suatu penelitian di Qatar menunjukkan performa akademik anak berusia 12 tahun yang sedang berpuasa juga cukup baik," katanya, pada Kamis 31 Maret 2022.

Nurul pun membagikan cara ajarkan anak puasa bagi para orang tua.

1. Mulai dari makanan padat

Cara mengajarkan anak puasa bisa dimulai dengan berpuasa dari makanan padat terlebih dahulu dan tetap mengizinkan mereka untuk minum agar terhindar dari dehidrasi. "Mulailah mengajari anak untuk berpuasa dari makanan padat terlebih dahulu dan izinkan mereka tetap minum air untuk menghindari kekurangan cairan, terutama jika cuaca panas," kata Cut Nurul

2. Puasa seperempat hari

Cara mengajarkan anak puasa lain adalah dengan memulai mengajak anak berpuasa selama seperempat hari saja. Misalnya, dimulai pukul 6 hingga 12 siang. "Dengan pola seperti ini, anak belajar menahan lapar dari makanan yang sehari-hari dimakan," katanya.

3. Tahan haus

Jika cara sebelumnya sudah dapat diterapkan dengan baik, maka cara mengajarkan anak puasa selanjutnya adalah dengan mulai mengajarinya menahan haus. Umumnya, anak-anak masih dapat tahan tidak minum air selama 2-4 jam.

4. Beri makanan bernutrisi

Pastikan anak Anda mendapat makanan bergizi saat sahur dan berbuka. Cut Nurul pun menyarankan agar Anda menghindari memberikan anak makanan yang mengandung gula sederhana, seperti makanan manis.

Baca: Mengajarkan Anak Berpuasa Sejak Usia Dini, Begini Tips untuk Bunda