4 Manfaat Blewah untuk Tubuh, Jaga Kesehatan Mata dan Perkuat Imunitas

ilustrasi blewah. Foto: Unsplash.com/Martin Moore

kesehatan

4 Manfaat Blewah untuk Tubuh, Jaga Kesehatan Mata dan Perkuat Imunitas

Senin, 28 Maret 2022 13:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Blewah salah satu sajian takjil primadona saat bulan suci Ramadan. Sebab buah yang masih satu keluarga dengan melon itu memiliki rasa yang manis dan segar cocok dinikmati saat berbuka.

Selain memberi kesegaran, blewah juga kaya manfaat untuk tubuh. Buah dengan nama latin Cucumis melo var. cantalupensis ini salah satu sumber serat yang disarankan dan bantu menjaga hidrasi tubuh. Simak manfaat selengkapnya di uraian bawah ini.

4 Manfaat Blewah untuk Kesehatan Tubuh

Blewah yang mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, ini berkhasiat menjaga kesehatan jantung, mata hingga sistem kekebalan tubuh. 

1. Blewah bantu tubuh tetap terhidrasi

Anda tahu bahwa Anda harus menyesap air secara teratur sepanjang hari agar tetap terhidrasi dengan baik. Buah dan sayuran yang tinggi kandungan air berperan besar dalam menghidrasi tubuh, salah satu pilihannya buah blewah.

"Blewah mengandung sekitar 90 persen air dan bisa menjadi pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan hidrasi harian seseorang," ujar Fareeha Jay, ahli diet terdaftar yang berbasis di Inggris.

"Tubuh yang terhidrasi akan membuat jantung Anda tetap terpompa dan otak Anda berfungsi dengan baik."

2. Blewah adalah sumber serat yang bagus

Serat membantu mengatur pencernaan, menjaga flora usus, dan gula darah Anda tetap terkendali. Buah adalah salah satu jenis makanan yang terkenal tinggi serat, tanpa terkecuali.

"Blewah adalah sumber serat, yang akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan meningkatkan kesehatan usus Anda," kata Jay. "Ini juga akan menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker."

3. Blewah kaya vitamin C

Blewah kaya akan vitamin C, vitamin esensial yang menawarkan sifat antioksidan dan meningkatkan kekebalan. “Vitamin C akan melindungi sel-sel kita, menjaga kesehatan kulit, pembuluh darah, tulang, dan tulang rawan,” tambah Jay.

Kebutuhan orang dewasa untuk vitamin C adalah 65 sampai 90 miligram per hari. Blewah seberat 3 ons akan memenuhi sekitar setengah kebutuhan vitamin C harian Anda.

4. Blewah mendukung kesehatan mata

Warna oranye di daging blewah menunjukkan bahwa buah tersebut salah satu sumber beta-karoten yang hebat, yang berubah menjadi vitamin A dalam tubuh.

"Ini akan mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh kita dan menjaga kesehatan mata serta kulit kita," jelas Jay. Dia menambahkan bahwa lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang ditemukan dalam blewah juga mencegah radikal bebas, membantu melindungi mata Anda, dan mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia.

Baca juga: Buka Puasa dengan Es Blewah, Rasakan 4 Manfaatnya untuk Tubuh

REAL SIMPLE