Buka Puasa dengan Es Blewah, Rasakan 4 Manfaatnya untuk Tubuh

Ilustrasi buah blewah. Pixabay.com/Jill Wellington

kesehatan

Buka Puasa dengan Es Blewah, Rasakan 4 Manfaatnya untuk Tubuh

Senin, 27 April 2020 16:00 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Es Blewah salah satu minuman favorit saat buka puasa. Selain karena memberi segar saat diteguk, buah blewah ini juga kaya manfaat untuk tubuh. Salah satunya perkuat daya tahan tubuh atau imunitas di tengah pandemi virus corona baru atau COVID-19. Blewah baik pula untuk mata, jaga berat badan hingga cegah kanker.

Yuk, simak rincian manfaat blewah seperti dikutip dari laman Health Line dan Reader Digest

1. Memperkuat imunitas

Dengan kaya kandungan Vitamin C, blewah salah satu buah yang diperhitungkan untuk perkuat imunitas. Adapun, penelitian menyebutkan satu gelas blewah mengandung lebih dari 100 persen vitamin C yang dibutuhkan tubuh. 

2. Meningkatkan kesehatan mata

Layaknya buah berwarna cerah lain, blewah yang berwarna oranye dikenal tinggi beta-karoten. Adapun kandungan tersebut jika dikonsumsi tubuh akan dipecah menjadi vitamin A. Seperti yang banyak diketahui, vitamin A memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata. Terlebih di era globalisasi di mana penggunaan gawai tak lepas dari aktivitas harian, blewah pun bisa melindungi penglihatan.

3. Menjaga berat badan

Bagi yang sedang menjalankan ibadah puasa sekaligus diet guna menurunkan berat badan, buka  puasa dengan es blewah pun bisa menjadi pilihan. Pertama, buah ini dikenal mengandung 80 persen air. Blewah juga diketahui tinggi serat. Kedua hal itu bisa membuat tubuh kenyang lebih lama sehingga berat badan tetap ideal.

4. Mencegah kanker

Manfaat lain dari konsumsi blewah adalah mencegah kanker karena kandungan folat atau yang dikenal dengan vitamin B9 pada blewah. Penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition pun telah membuktikan bahwa orang dengan vitamin B9 yang cukup lebih berisiko kecil menderita kanker dibandingkan yang tidak menyantapnya.

Tentu beragam manfaat di atas dapat Anda rasakan jika tidak menambahkan pemanis buatan saat membuat es blewah.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA