Jelang Ramadan 2022, Simak Tips Gaya Hidup Sehat untuk Penyandang Diabetes

Ilustrasi takaran gula penderita diabetes. shutterstock.com

kesehatan

Jelang Ramadan 2022, Simak Tips Gaya Hidup Sehat untuk Penyandang Diabetes

Kamis, 17 Maret 2022 14:15 WIB
Reporter : Antara Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Jelang Ramadan 2022, penyandang diabetes harus mempersiapkan fisik dan gaya hidup sehat dengan baik agar bisa menjalankan ibadah puasa dan tetap produktif.

Salah satu upaya untuk menjaga tubuh bagi para penyandang diabetes agar tetap produktif dan sehat selama bulan Ramadan adalah dengan menyesuaikan dosis obat. Sesuaikan pula jadwal pemberian obat hipoglikemik oral dan/atau insulin oleh dokter selama pasien berpuasa.

“Kemudian, penyandang diabetes harus selalu berhubungan dengan dokter selama puasa. Melalui aplikasi KlikDiabetes sebagai digital personal assistant, mereka akan dibantu dalam mengatur jadwal pengobatan melalui fitur Medication Reminder dan berkonsultasi dengan dokter melalui fitur Ask the Doctor,” ujar Senior Product Manager Diabetes Kalbe, Anita Halim melalui siaran pers, Kamis, 17 Maret 2022.

Selain itu, penyandang diabetes dapat melihat pilihan menu sahur dan buka puasa serta mengatur jumlah kalori melalui fitur Diet & Nutrisi. Kadar gula darah juga penting untuk dipantau secara rutin, terutama di tengah hari dan sebelum berbuka puasa.

PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui Ecosystem Diabetes Total Solution (DTS) menyelenggarakan edukasi bagi penyandang diabetes (diabetes). Kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu para pengidap diabetes untuk mempertahankan gaya hidup yang ideal, terutama selama bulan Ramadan.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi berupa tips bagi pengidap diabetes dalam pengelolaan diabetes melitus, agar tetap produktif sepanjang hari. Selain itu, pahami cara memilih pola makan dan nutrisi yang tepat bagi penyandang diabetes saat berpuasa.

“Kalbe berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dan gaya hidup sehat bagi penyandang diabetes dengan terus mengembangkan dan memasarkan antidiabetes dan komplikasinya, nutrisi, alat pemeriksaan gula darah, dan platform digital berkualitas. Dapat memberikan dukungan komprehensif bagi dokter dan penyandang diabetes dalam mencapai gaya hidup dan pengelolaan diabetes yang ideal,” ujar Project Leader Diabetes Total Solution (DTS) Bonny Anom.

Kalbe Diabetes Care merupakan layanan terpadu bagi penyandang diabetes yang disediakan oleh DTS Ecosystem Kalbe. Ekosistem ini merupakan kerjasama dari empat unit bisnis utama Kalbe di bidang diabetes, mulai dari resep anti diabetes dan komplikasinya, nutrisi diabetes Diabetasol, pemeriksa gula darah mandiri Elvasense, dan platform digital KlikDiabetes.

Baca: Baik untuk Pasien Diabetes, 10 Buah Ini Bisa Jaga Kadar Gula Darah