Baik untuk Pasien Diabetes, 10 Buah Ini Bisa Jaga Kadar Gula Darah

Buah Kiwi. Shutterstock

kesehatan

Baik untuk Pasien Diabetes, 10 Buah Ini Bisa Jaga Kadar Gula Darah

Senin, 7 Maret 2022 12:37 WIB
Reporter : Antara Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi Anda yang sedang berdiet ketogenik tentu sangat menyadari bahwa karbohidrat bertepung dan buah yang bisa menyebabkan lonjakan glukosa dalam darah. Dalam mempertahankan atau menjaga kadar gula dalam darah, Anda yang berisiko atau sedang mengatasi diabetes perlu memperhatikan buah apa saja yang baik untuk kesehatan Anda.

Berikut 10 buah yang berkasiat untuk menurunkan dan atau menjaga kadar gula darah, mengutip Camille Style, Senin 7 Maret 2022:

1. RaspberiSetengah cangkir raspberry (60 gram) mengandung sekitar tiga gram karbohidrat. Raspberry memiliki mineral yang disebut mangan, yang diperlukan untuk kesehatan tulang dan kulit. Ini juga membantu mengatur gula darah.

2. BlackberrySetengah cangkir blackberry (70 gram) mengandung sekitar empat gram karbohidrat. Seperti semua beri, blackberry memberikan berbagai manfaat kesehatan: antioksidan, vitamin, dan mineral. Mereka anti-inflamasi dan memiliki sifat anti-mikroba.

3. StroberiDelapan buah stroberi berukuran sedang (100 gram) mengandung sekitar enam gram karbohidrat. Stroberi diketahui dapat meningkatkan kolesterol HDL (baik), menurunkan tekanan darah, dan mencegah kanker. Dikemas dengan vitamin, serat, dan antioksidan tingkat tinggi yang dikenal sebagai polifenol, stroberi adalah makanan bebas natrium, bebas lemak, bebas kolesterol, dan rendah kalori.

buah plum (pixabay.com)

4. PlumSatu buah plum berukuran sedang (65 gram) mengandung sekitar tujuh gram karbohidrat. Plum dikemas dengan nutrisi untuk menurunkan peradangan, membantu sembelit, mengurangi gula darah, dan banyak lagi.

5. KiwiSatu buah kiwi berukuran sedang (70 gram), mengandung sekitar delapan gram karbohidrat. Kiwi kaya akan vitamin C dan serat makanan. Buah asam ini juga dapat mendukung kesehatan jantung, kesehatan pencernaan, dan kekebalan tubuh.

Ilustrasi buah ceri. Unsplash.com/Mohammad Amin

6. CeriSetengah cangkir ceri (75 gram) mengandung sekitar delapan gram karbohidrat. Ceri rendah kalori dan penuh dengan serat, vitamin, mineral, nutrisi, dan bahan lain yang baik untuk Anda, seperti kolin dan antioksidan. Anda akan mendapatkan vitamin C, A, dan K dengan setiap buah bertangkai panjang ini.

7. BluberiSetengah cangkir blueberry (75 gram) mengandung sekitar sembilan gram karbohidrat. Seiring dengan manfaat kesehatan penting lainnya, blueberry kaya akan vitamin K, yang memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan jantung dan kesehatan tulang. Bluberi juga merupakan buah yang lezat untuk membantu menyeimbangkan gula darah.

8. ClementineSatu clementine berukuran sedang (75 gram) mengandung sekitar sembilan gram karbohidrat. Clementine kaya akan antioksidan seperti vitamin C, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit Anda. Buah ini juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan Anda.

Ilustrasi melon. Wikimedia.org

9. MelonSatu cangkir melon (160 gram) mengandung sekitar 11 gram karbohidrat. Sangat menghidrasi, melon rendah karbohidrat, penuh dengan elektrolit, dan memiliki sifat anti-inflamasi.

10. PersikSatu buah persik berukuran sedang (150 gram) mengandung 13 gram karbohidrat. Dikenal sebagai apel Persia, buah persik sangat bagus untuk pencernaan, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan kaya akan beta karoten dan vitamin C untuk membantu mendukung kesehatan kulit. Buah persik juga bisa meningkatkan kesehatan jantung, mempercepat penyembuhan luka, dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Baca: Menjaga Kesehatan Penyandang Diabetes di Masa Pandemi, Minum Saja Tak Cukup