Hari Obesitas Sedunia, Cut Memey: Sadari Asupan Gizi Sekaligus Aktif Olahraga

Cut Memey

kesehatan

Hari Obesitas Sedunia, Cut Memey: Sadari Asupan Gizi Sekaligus Aktif Olahraga

Jumat, 4 Maret 2022 22:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Nutrisi yang tepat memiliki manfaat yang tak ada habisnya bagi perkembangan fisik. Manfaatnya meliputi penyediaan energi, menjaga sistem kekebalan tubuh, melindungi dari kekurangan gizi, mencegah risiko obesitas dan stunting. Sayangnya, masalah gizi masih menjadi perhatian utama di Indonesia, terutama gizi kurang atau stunting atau gizi lebih atau obesitas. Berdasarkan Survei Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) 2018, prevalensi obesitas pada balita sebesar 3,8 persen dan obesitas pada usia 18 tahun ke atas sebesar 21,8 persen. Tingkat obesitas di Indonesia meningkat pesat, baik di rumah tangga berkecukupan maupun miskin. Mereka beralih dari makanan tradisional ke produk olahan yang sering kali lebih tinggi lemak dan gula, dan lebih murah daripada makanan sehat. Obesitas membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit tidak menular, termasuk diabetes dan penyakit jantung. Hari Obesitas Sedunia diperingati pada 4 Maret 2022.

Dokter Spesialis Gizi Klinik Nurhati Febriani mengatakan asupan nutrisi yang seimbang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan dan kondisi individu, terutama di tengah pandemi COVID-19. “Perlu asupan zat gizi yang dibutuhkan tubuh untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Tentunya harus mengandung zat gizi makro seperti karbohidrat, protein, lemak dan zat gizi mikro seperti vitamin dan mineral, dan satu yang tidak kalah penting adalah air,” kata Nurhati.

Nurhati menjelaskan, mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan sehat bermanfaat untuk membuat berat badan menjadi normal, stabil atau sehat. Dengan demikian, tubuh tidak akan mudah terkena penyakit menular, produktivitas kerja akan meningkat dan terhindar dari penyakit kronis, dan kematian dini akibat sakit.

Obesitas dihasilkan dari ketidakseimbangan energi di mana terlalu banyak kalori masuk, dan terlalu sedikit kalori yang terbakar. Jadi, selain menjaga asupan nutrisi dan mengatur pola makan yang sehat, tetap aktif dapat membantu orang untuk memiliki berat badan yang sehat atau ideal.

Menanggapi hal tersebut, Penyanyi sekaligus Instruktur dan Brand Ambassador STRONG Nation untuk Indonesia, Cut Memey, membagikan tip tentang pola makan yang sehat dan seimbang. “Makanan dan minuman yang kita konsumsi dapat mempengaruhi masalah kesehatan di kemudian hari, sehingga menyesuaikan pola makan yang seimbang sangat penting, seperti makan berbagai makanan pokok untuk nutrisi maksimal, kurangi garam, minyak dan gula,” katanya.

Cut Memey menambahkan selain mengonsumsi makanan sehat, melakukan olahraga fisik secara rutin juga memberikan segudang manfaat bagi tubuh kita. Di antara jenis latihan lainnya, Cut Memey memilih untuk fokus pada High Intensity Interval Training (HIIT) dari STRONG Nation, kelas latihan dengan intensitas tinggi dengan diiringi musik yang menggabungkan berat badan, pengkondisian otot, kardio, dan gerakan pelatihan pliometrik yang membakar lebih banyak kalori daripada latihan aerobik dengan durasi yang lebih lama. "Latihan ini cocok untuk orang-orang dengan gaya hidup sibuk karena satu kelas bisa dilakukan hanya dalam 30 menit, namun mencapai manfaat yang sama atau lebih besar dari manfaat yang dicapai latihan intens lainnya dengan durasi lebih lama,” kata Cut Memey.

Untuk memulai tahun 2022, STRONG Nation mengadakan 'The New Stronger Together Challenge' dari 10 Januari hingga 6 Maret 2022. The New Stronger Together Challenge adalah program eksklusif dari STRONG Nation yang dibuat untuk membantu orang-orang berkomitmen untuk menjadi lebih sehat, kuat dan memiliki tubuh ideal dalam delapan minggu yang memungkinkan peserta untuk memiliki lebih banyak waktu untuk membangun kebiasaan yang lebih baik dan mencapai tujuan pribadi dan merasakan hasilnya.

Cut Memey terus menyerukan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk lebih menyadari pentingnya asupan gizi sekaligus tetap aktif berolahraga. “Mengutamakan konsumsi makanan bergizi tinggi dan olahraga teratur akan menjadi investasi bagi diri kita di masa depan dan manfaat dari penerapan tindakan tersebut akan terasa dalam jangka panjang,” kata Cut Memey.

Baca: Hari Obesitas Sedunia, Mencegahnya Mulai dari Perhatikan Jumlah kalori Makanan