Soroti Harga Tahu Tempe Bakal Naik, Nana Mirdad: Buatku Itu Penting

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Nana Mirdad. Instagram.com/@nanamirdad_

Nana Mirdad. Instagram.com/@nanamirdad_

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris, Nana Mirdad menyoroti rencana harga tahu tempe bakal naik bulan depan, Maret 2022. Melalui akun media sosialnya, ia berbagi kegundahan terkait kabar tersebut.

"Gak penting mungkin...tapi buatku penting. Harga tahu tempe mau naiiik banget bulan depan? (empat emoji sedih)," tulisnya di Instagram Stories, Senin siang, 14 Februari 2022.

Ia kemudian mengungkapkan betapa pentingnya tahu dan tempe dalam hidupnya. "Jika kamu tahu aku, dan kamu tahu aku dan betapa pentingnya itu, tahu dan tempe adalah hidupku," sambungnya dalam Bahasa Inggris.

Sebagai informasi,  Direktur Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan atau Kemendag Oke Nurwan melansir bahwa harga tahu dan tempe di dalam negeri akan naik di bulan mendatang karena melonjaknya harga kedelai internasional, di mana kedelai menjadi bahan baku utama dalam memproduksi dua makanan kegemaran masyarakat Indonesia tersebut.

"Kondisi kedelai di dunia saat ini terjadi gangguan suplai. Kalau saya melihat di Brazil terjadi penurunan produksi kedelai, di mana awalnya diprediksi mampu memproduksi 140 juta ton pada Januari, menurun menjadi 125 juta ton. Penurunan produksi ini berdampak pada kenaikan harga kedelai dunia," kata Oke saat konferensi pers secara virtual, Jumat 11 Februari 2022.
 
Curahan hati Nana Mirdad soal kabar harga tahu tempe bakal naik bulan depan, Maret 2022. Foto: tangkapan layar Instagram/@nanamirdad_

Penyebab lainnya menurut Oke yakni inflasi di Amerika Serikat yang mencapai 7 persen, yang berdampak pada kenaikan harga daripada input produk kedelai.

Selain itu, terjadi pengurangan tenaga kerja, kenaikan biaya sewa lahan, dan ketidakpastian cuaca di negara produsen kedelai juga mengakibatkan petani kedelai di Amerika Serikat menaikkan harga.

Oleh karena itu, Oke mengatakan bahwa kenaikan harga kedelai dunia itu akan berdampak pada kenaikan harga kedelai di tingkat perajin tahu dan tempe di dalam negeri.

Kembali ke Nana Mirdad yang menyoroti harga tahu tempe bakal naik, kakak Naysilla Mirdad ini memang kerap mengolah tahu dan tempe sebagai menu sarapan atau makan siang keluarganya. Contohnya, orek tempe, tempe atau tahu goreng hingga tahu cabai merah. 

Baca juga: Cara Nana Mirdad Jalani Gaya Hidup Seimbang, Pilih Makanan Plant Based

INSTAGRAM | ANTARA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."