Cegah Kanker Serviks, Zaskia Adya Mecca Ajak Beri Vaksin HPV ke Anak Sejak Dini

Zaskia Adya Mecca bersama putri keduanya, Kala. Foto: Instagram Zaskia Adya Mecca.

keluarga

Cegah Kanker Serviks, Zaskia Adya Mecca Ajak Beri Vaksin HPV ke Anak Sejak Dini

Sabtu, 5 Februari 2022 13:30 WIB
Reporter : Antara Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Selebritas yang juga Duta Cegah Kanker Serviks, Zaskia Adya Mecca, mengimbau para orang tua untuk memperhatikan kesehatan anak-anaknya dengan memastikan si buah hati mendapatkan vaksin Human papillomavirus (HPV) sejak dini guna mencegah kanker.

"Aku punya anak perempuan. Aku mulai aware. Sebagai orang tua kan kita memberikan investasi terbaik untuk anak-anak. Salah satunya investasi kesehatan. Investasi kesehatan itu kita bisa berikan kepada anak-anak dalam bentuk vaksin yang lengkap," kata Zaskia saat diskusi daring, Jumat 4 Februari 2022.

"Di Indonesia seingetku vaksin HPV itu tidak menjadi salah satu vaksin wajib. Alhamdulillah setahun atau dua tahun yang lalu tiba-tiba di sekolah dibilangin bahwa sekarang anak-anak perempuan yang usianya di atas 9 tahun ke atas akan mendapatkan vaksin HPV. Itu aku luar biasa bahagia banget," lanjutnya.

Lebih lanjut, Zaskia juga menceritakan bahwa anak perempuannya Sybilla telah mendapatkan vaksin HPV dosis kedua di minggu lalu. Sementara itu, Kala yang akan berusia 9 tahun juga akan diberikan vaksin HPV.

"Alhamdulillah Sybil baru mendapat second shot-nya seminggu yang lalu. Dia usianya masuk 11 tahun. Aku merasa bersyukur sudah memberikan perlindungan ke dia sejak dini. Karena buat aku vaksin itu adalah hak-nya anak. Kewajiban orang tua adalah memberikan," kata Zaskia.

"Aku lakukan itu ke dua anak perempuan aku juga. Satu usianya mau 9 tahun. Terus aku juga sudah bilangin, 'Kala nanti usia 9 tahun kamu akan dapat hadiah vaksin dari Bia'. Terus dia nanya kok hadiahnya di suntik. Tapi buat aku itu hadiah," sambungnya.

Zaskia juga menganjurkan kepada para perempuan di Indonesia khususnya para ibu untuk memberikan vaksin kepada anak perempuannya. Sebab, vaksin HPV merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah kanker serviks.

"Pertama kita mulai dari diri sendiri. Lindungi diri kita juga dengan vaksin ini. Jangan lupa juga screening rutin dengan pap smear. Dan buat anak perempuan, please kita sekarang sudah 2022. Jangan sama kayak mamaku yang hidup di tahun 90-an yang nggak paham seperti ini. Kita harus lebih maju," ujar Zaskia.

"Kedua kanker ini bisa kita cegah dengan vaksin. Kalau kita bisa cegah kenapa nggak kita lakukan? Karena ini bentuk perlindungan terbaik, investasi terbaik untuk anak-anak perempuan kita dan kepada diri kita juga," kata Zaskia Adya Mecca.

Baca: Suka Main di Alam, Zaskia Adya Mecca Ternyata Sangat Takut Sama Ular