Tumbuh di Luar Negeri, Acha Septriasa Tetap Ajari Anaknya Budaya Indonesia

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Acha Septriasa dan anaknya, Brigdia Kalina Kharisma (Instagram/@septriasaacha)

Acha Septriasa dan anaknya, Brigdia Kalina Kharisma (Instagram/@septriasaacha)

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaAcha Septriasa, aktris sekaligus ibu satu anak ini sudah tinggal di Sydney selama kurang lebih lima tahun. Meskipun Bridgia Kalina Kharisma, anak Acha, sedari lahir sudah berada di sana, Acha tetap menanamkan budaya Indonesia kepadanya.

Sesi bincang-bincang Acha bersama Zaskia Sungkar dan Irwansyah dalam kanal Youtube The Sungkars pada Senin, 24 Januari 2022, banyak membahas mengenai kehidupan Acha dan keluarga selama di luar negeri tepatnya di Sydney.

Awalnya selalu berbahasa Indonesia di rumah, akhirnya pada saat Bridgia masuk childcare dan sekolah di umur satu tahun sepuluh bulan, Acha dan suami memutuskan untuk mencampur penggunaan bahasa Indonesia dan Inggris di rumah.

Mereka tidak mau nanti Bridgia menjadi tertinggal ketika bermain bersama teman-temannya, atau saat mengejar pelajaran, karena ke depannya pun Bridgia akan bersekolah di Sydney.

“Untuk mengajarkan budaya Indonesia sebenarnya aku cukup dengan ya banyak ya, aku berbahasa saja Indonesia, terus juga aku banyak nonton bareng sama dia budaya Indonesia dari film-film, dari Youtube.” jelas Acha.

Acha Septriasa, Zaskia Sungkar dan Irwansyah. Foto: Instagram/@irwansyah_15.

Acha juga menambahkan bahwa kini informasi edukasi anak-anak sudah banyak sekali di berbagai platform dengan bahasa Indonesia. Bahkan, ada serial di Youtube untuk anak-anak tentang agama dan menggunakan bahasa Indonesia. Penting juga bagi Acha untuk memperkenalkan negara asal kepada anaknya, meskipun Bridgia sedari lahir sudah di Sydney.

“Tapi kita pemegang paspor Indonesia, orang Indonesia, keluarga kita tanah air kita Indonesia, jadi ya ada berbagai budi pekerti luhur yang aku tanamkan di dia sebagai orang timur Indonesia,” tambah Acha.

Meskipun budaya asing di luar negeri bersifat lebih open-minded, terbuka, dan berani, Acha tetap menegaskan bahwa tetap ada batasannya.

Setelah menikah pun Acha kini menjadi menemukan tujuan baru dalam hidupnya, tak melulu mengejar duniawi, melainkan mengingat kembali kepada sang pencipta. Sebagai manusia harus taat beragama, dan juga mengajarkan anak tentang agama.

Memiliki anak juga membuat Acha harus mengajarkan dan menurunkan nilai-nilai yang dipercaya kepada anak, agar di masa depan pun ketika berkeluarga anak bisa juga melakukan hal yang sama.

“Menjadi istri yang baik, menjadi pendamping yang baik yang akhirnya bisa menjadi ibu, yang akhirnya bisa menularkan banyak hal ke anak kita. Influence anak kita ke hal-hal yang bermanfaat untuk kehidupannya nanti, supaya dia mempunyai keseimbangan hidup.” tambah Acha.

Acha meninggalkan pesan haru untuk Bridgia masa depan ketika ia menonton kembali video tersebut. Ia berharap kebahagiaan untuk putrinya atas semua pengorbanan Acha dan suami.

“Pokoknya Bridgia bisa menjadi anak yang selalu ingat kebaikan-kebaikan orang-orang di sekitar Bridgia, supaya Bridgia bisa menjadi manusia yang menjaga silahturahmi dengan baik dan berguna bagi bangsa negara dan sekelilingnya," ucap Acha penuh haru. 

Baca: Acha Septriasa Tunda Tambah Momongan, Suami: Aku Serahin Semuanya ke Acha

BERNADETTE JEANE WIDJAJA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."