Sederet Manfaat Menulis Jurnal saat Kamu Menghadapi Masalah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan menulis. shutterstock.com

Ilustrasi perempuan menulis. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahukah kamu menulis jurnal menawarkan manfaat fisik dan mental yang luar biasa melampaui katarsis buku harian remaja di masa lalu. Jurnal membantu orang-orang memisahkan pikiran yang satu dengan yang lain, juga menjernihkan pikiran-pikiran menyedihkan yang menyerang pikiran.

Menulis jurnal adalah cara mengungkapkan emosi alih-alih memendamnya, yang diketahui berbahaya bagi kesehatan mental atau fisik. Dengan menulis jurnal, kita bisa mampu mengatur pikiran dan perasaan, sehingga tidak lagi memenuhi ruang di kepala. Menuliskan pikiran pun memungkinkan kamu untuk mengidentifikasi pikiran dan faktor-faktor yang memicu stres.

Jurnal juga benar-benar dapat membantu orang bangkit dari masa-masa sulit mereka. Saat menuangkan pikiran dan perasaannya, mereka bisa melepaskan emosi negatif yang terpendam dan membuat mereka tetap berpikir lebih positif. Menulis jurnal tentang kekhawatiran kamu juga bisa menenangkan dan membantu menemukan solusi untuk masalah kamu.

Dengan menulis jurnal, memungkinkan kamu untuk mengenali cara-cara apa saja yang efektif untuk kamu, tidak peduli seberapa kecilnya. Ketika menuliskan masalah kamu, maka menjadi lebih mudah dikelola.

Cobalah jadikan menulis jurnal sebagai bagian dari rutinitas harian kamu. Jika kamu pecinta kopi pagi, bisa mulai menulis beberapa baris di jurnal. Atau, jika kamu ingin bersantai dengan serial Netflix di malam hari, tulis beberapa baris sebelum kamu mulai menonton.

Mulailah dengan apa pun yang terasa benar. Jurnal kamu tidak harus diatur dengan cara tertentu. Ini adalah ruang pribadi, kamu bebas menuangkan apa pun. Biarkan pikiran dan kata-kata kamu mengalir dengan bebas. Jangan khawatir tentang kesalahan ejaan atau apa yang mungkin dipikirkan orang lain.

Kamu bebas menulis jurnal di mana pun, boleh di buku, laptop ataupun ponsel pintar kamu. Tentukanlah mana yang paling cocok dan nyaman untuk kamu.

Baca juga: Tips Meraih Mimpi Ala Maudy Ayunda, Visualisasikan dalam Jurnal

PINK VILLA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."