Episode Kelam Bella Hadid Saat Berjuang Atasi Masalah Kesehatan Mental

Bella Hadid/Foto: Instagram/Bella Hadid

kesehatan

Episode Kelam Bella Hadid Saat Berjuang Atasi Masalah Kesehatan Mental

Selasa, 18 Januari 2022 14:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Supermodel, Bella Hadid berbicara kepada WSJ. Majalah untuk seri publikasi "My Monday Morning", di mana dia membuka tentang perjuangan kesehatan mentalnya, yang dia gambarkan sebagai "menyiksa dan melemahkan."

Ketika ditanya oleh publikasi apa rahasianya untuk menyusun pakaiannya di pagi hari, Hadid menjelaskan bahwa dia tidak memiliki stylist "dalam waktu yang lama, mungkin dua tahun sekarang," dan dia "di tempat yang aneh secara mental.

"Rasanya sangat rumit bagi saya untuk keluar rumah dan mengenakan pakaian, terutama dengan kecemasan [paparazi] berada di luar," ucap berusia 25 tahun ini.

Namun, setelah belajar mengatasi kecemasannya dan perjuangan kesehatan mental lainnya, Bella Hadid mengatakan dia belajar untuk merangkul mode dan pakaiannya dengan cara yang membuatnya bahagia.

"Pada tahun lalu, sangat penting bagi saya untuk belajar bahwa bahkan jika orang berbicara tentang gaya saya atau jika mereka suka atau tidak, itu tidak masalah, karena itu gaya saya," katanya. "Ketika saya meninggalkan rumah di pagi hari, yang saya pikirkan adalah: Apakah ini membuat saya bahagia? Apakah saya merasa nyaman dengan ini dan apakah saya merasa nyaman?"

Bella Hadid mengenakan gaun Jean Paul Gaultier Haute Couture Spring-Summer 2002 di karpet merah Festival Film Cannes 2021 di Prancis. Foto: Instagram @jeanpaulgaultier

Dalam wawancaranya dengan WSJ. Majalah, Hadid terus mengobrol tentang kesehatan mental, serta apa proses pemikirannya di balik posting Instagram yang dia bagikan pada bulan November, di mana dia mengunggah serangkaian selfie dirinya saat menangis.

"Saya akan mengalami episode yang benar-benar depresi dan ibu saya atau dokter saya akan bertanya bagaimana keadaan saya dan alih-alih harus menjawab dalam teks, saya hanya akan mengirimi mereka foto," katanya. "Itu adalah hal termudah bagi saya untuk dilakukan pada saat itu karena saya tidak pernah bisa menjelaskan bagaimana perasaan saya."

"Saya hanya akan merasakan sakit mental dan fisik yang menyiksa dan melemahkan, dan saya tidak tahu mengapa. Itu selama tiga tahun terakhir," lanjutnya. "[Ketika saya mempostingnya] itu untuk memastikan bahwa siapa pun yang merasa seperti itu tahu bahwa tidak apa-apa untuk merasa seperti itu."

Ditambahkan Hadid: "Meskipun di Instagram hal-hal terlihat begitu indah, pada akhirnya, saya merasa itu baik bagi saya untuk dapat mengatakan kebenaran saya dan pada titik tertentu saya tidak dapat mengunggah gambar cantik yang bagus lagi. Saya sudah selesai."

Model Bella Hadid berpose saat menghadiri pemutaran film "Tre piani" (Tiga Lantai) dalam acara Festival Film Cannes ke-74 di Cannes, Prancis, 11 Juli 2021. Bella Hadid menggunakan gaun hitam yang merupakan bagian dari koleksi Schiaparelli Haute Couture Fall-Winter 2021/22 rancangan Daniel Roseberry. REUTERS/Sarah Meyssonnier

Hadid juga ditanya tentang kondisi mentalnya saat ini, yang menurutnya jauh lebih baik sekarang. Dia menjelaskan, bagaimanapun, bahwa dia mengerti dia harus menghadapi perjuangannya dari hari ke hari.

"Saya memiliki hari-hari yang baik. Hari ini adalah hari yang baik," katanya kepada WSJ. Majalah. "Kabut otak saya merasa lebih baik, saya tidak merasa tertekan. Saya tidak memiliki kecemasan sebanyak biasanya."

"Tapi besok saya bisa bangun dan [menjadi] kebalikannya," tambahnya. "Itulah mengapa aku sangat kewalahan."

Melanjutkan berbicara tentang posting Instagram jujurnya, Hadid menjelaskan bahwa itu "membuat saya tidak terlalu kesepian karena saya memiliki banyak orang yang telah mengulurkan tangan untuk mengatakan, 'Saya juga merasa seperti itu.'"

"Mengingat ada begitu banyak orang yang mengalami banyak hal dan memiliki pola yang mirip dengan saya, itu membuat saya merasa lebih baik," tambahnya. "Saya tidak tahu apakah itu bukan yang diinginkan orang di Instagram, dan itu baik-baik saja. Saya tidak harus berada di Instagram selamanya."

Baca: Ini Alasan Bella Hadid Kembali jadi Model Victoria's Secret setelah Rebranding