Ajak Perempuan Aktif Berperan, Sri Mulyani: Jadilah Inspirasi untuk Sekelilingmu

Sri Mulyani mengunggah foto bersama cucunya usai jalani karantina sepulang dari Amerika Serikat menghadiri pertemuan tahunan IMF World Bank. Foto: Instagram/@smindrawati

profil

Ajak Perempuan Aktif Berperan, Sri Mulyani: Jadilah Inspirasi untuk Sekelilingmu

Senin, 17 Januari 2022 17:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan kesetaraan peran perempuan kini semakin dirasakan, khususnya di Indonesia. Melalui unggahan di laman Instagram akun @smindrawati pada Sabtu, 15 Januari 2022, Sri Mulyani mengajak perempuan Indonesia untuk semakin aktif berperan. Sri Mulyani mengunggah fotonya sedang duduk sambil tertawa sembari memegang cangkir. Ia mengenakan pakaian serba putih, dilatari sebuah tempat yang terlihat seperti kantor. “Kesetaraan gender harus dapat memberikan manfaat yang besar dan penting dari sisi ekonomi dan kualitas hidup masyarakat. Sri Mulyani Indrawati” tertulis di dalam foto tersebut.

Sri Mulyani menuliskan di keterangan foto bahwa The World Economic Forum 2021 menyatakan bahwa masih ada rata-rata 60 persen kesenjangan gender di dunia. Untuk menutup kesenjangan itu, maka diperlukan kolaborasi dari seluruh pihak. Ia memberikan contoh pihak-pihak yang telah berkolaborasi, seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang telah meluncurkan aksi Sustainable Development Goals (SDGs). Aksi tersebut menjadikan kesetaraan gender sebagai tujuan di urutan kelima yang diharapkan bisa dicapai pada tahun 2030.

“Di Indonesia kesetaraan peran perempuan telah diperjuangkan sejak masa Ibu Kartini dan kisah perjuangannya terus digaungkan setiap tahun untuk membangun kesadaran betapa pentingnya peran perempuan,” tulis Sri Mulyani.

Sri Mulyani memaparkan bahwa kini kesetaraan gender di Indonesia semakin meningkat. Ia mengatakan bahwa kini peran perempuan semakin diperhitungkan. Perempuan mampu memegang posisi penting di pemerintahan dan mendesain kebijakan dari sudut pandang perempuan. Beberapa kebijakan tersebut adalah penganggaran berbasis gender, ruang pengasuhan anak dan ruang laktasi di kantor, cuti melahirkan berbayar bagi pegawai perempuan. “Kemajuan ini tentunya sangat progresif bagi Indonesia jika dilihat dalam konteks global,” ujar Sri.

Selain itu, terdapat juga kebijakan yang memberikan peluang ekonomi untuk pekerja wanita yang terlibat di sektor informal. Misalnya, akses pinjaman modal khususnya bagi para pelaku usaha perempuan, kebijakan tersebut berhasil menarik minat masyarakat sampai dengan tingkat bawah.

Menurut Sri Mulyani, munculnya banyak panutan atau role model mampu mendorong lebih kesetaraan gender, terlepas hanya berdasarkan dari data dan analisis. Panutan tersebut berperan penting sebagai pemacu semangat dalam upaya mencapai kesetaraan gender yang bisa memberikan manfaat besar dan penting dari sisi ekonomi dan kualitas hidup masyarakat. “Kepada para perempuan, teruslah berjuang menjadi inspirasi dan role model yang baik di sekelilingmu!” ajak Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengingatkan bahwa pencapaian ini harus semakin ditingkatkan, agar kesetaraan gender tak hanya meningkatkan hak-hak perempuan, melainkan dapat membantu perekonomian Indonesia serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Baca: Jadi Bintang Tamu di Podcast Deddy Corbuzier, Ini Curahan Hati Sri Mulyani

BERNADETTE JEANE WIDJAJA