Minarni F Dwiningsih, Bawa Sifat Keibuan Saat Memimpin Industri Manufaktur

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Minarni F Dwiningsih Direktur Utama PT Kaltim Industrial Estate, anak perusahaan PT Pupuk Kalimantan Timur.  (Dok. PT PT Pupuk Kalimantan Timur)

Minarni F Dwiningsih Direktur Utama PT Kaltim Industrial Estate, anak perusahaan PT Pupuk Kalimantan Timur. (Dok. PT PT Pupuk Kalimantan Timur)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika industri manufaktur konstruksi dan pengelola kawasan industri identik dengan dunia yang didominasi oleh kaum laki-laki, stereotip ini kembali dipatahkan oleh PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) lewat salah satu anak perusahaannya, PT Kaltim Industrial Estate (KIE).

KIE merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengelola kawasan industri dan jasa rekayasa konstruksi. Memiliki nahkoda seorang perempuan, Minarni F Dwiningsih selaku Direktur Utama PT Kaltim Industrial Estate (KIE) siap membawa perusahaan menuju perusahaan pengelola kawasan industri yang efisien lewat pengembangan yang berkelanjutan.

Perempuan yang akrab disapa Wiwin ini merupakan sosok perempuan pertama yang menduduki posisi direktur utama di anak perusahaan PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/ PKT). Menduduki jabatan barunya sejak pertengahan 2021 lalu, Wiwin tetap merasa nyaman berada di industri yang didominasi pria. Bahkan, kariernya terus meningkat selama 27 tahun terakhir sembari menjalankan perannya sebagai ibu dalam membesarkan dua orang anak.

Saat ini, Wiwin memimpin 185 karyawan untuk menjalankan lima pilar bisnis utama perusahaan. Sebagai seorang nahkoda utama di perusahaan, Wiwin tak luput dari berbagai tantangan, terlebih di tengah terpaan pandemi. Bagi seorang manajemen tertinggi yang bertugas untuk mempertahankan perusahaan agar tetap berkembang dan berkelanjutan, optimisme menjadi hal penting untuk dapat melalui rintangan yang ada.

“Selama pandemi, beberapa bidang bisnis sudah pasti terdampak, seperti KIE yang memiliki pilar bisnis kawasan industri, rekayasa dan konstruksi, properti, beton, dan trading juga tidak terkecuali. Namun, kami tetap bekerja secara optimal, dengan fokus menciptakan bisnis perusahaan yang berkelanjutan. Seperti contoh, dalam produksi beton yang pada awal pandemi cukup terdampak, dimana penjualan beton hanya tercapai 38 persen dari target. Namun, pada semester kedua tahun 2021 kami berhasil merealisasikan laba penjualan beton yang meningkat hingga 300 persen dari target”, jelas Wiwin melalui siaran pers, Jumat 24 Desember 2021. 

Saat ini KIE mengelola kawasan industri yang mencapai luas lahan sekitar 214 hektar (ha) dengan 11 perusahaan atau pabrik di dalamnya. Selain di Kalimantan Timur, KIE juga tengah mengkaji pembangunan kawasan industri di Papua Barat, dimana Pupuk Kaltim mendapatkan mandat untuk membangun pabrik amoniak, urea, dan methanol.

Bawa Sifat Keibuan Demi Beri Kenyamanan untuk Karyawan

Minarni F Dwiningsih (depan) Direktur Utama PT Kaltim Industrial Estate, anak perusahaan PT Pupuk Kalimantan Timur, saat mengunjungi lokasi konstruksi pabrik. (Dok. PT PT Pupuk Kalimantan Timur)

Untuk tetap mencetak kinerja perusahaan yang maksimal di tengah berbagai tantangan, ada lima poin strategi kepemimpinan yang Wiwin terapkan, di antaranya membuat dan merencanakan target dengan baik, mendelegasikan pekerjaan kepada orang yang tepat, melakukan monitoring secara intensif untuk melihat perkembangan proyek, rutin mengadakan diskusi bersama pihak terkait untuk lebih memahami kondisi proyek terlebih lagi saat ada kendala, dan memberikan coaching terhadap tim untuk bisa belajar dan tumbuh bersama.

Gaya kepemimpinan yang penuh energi serta kepedulian yang tinggi terhadap seluruh karyawan tanpa mengenal jabatan merupakan ciri khas utama Wiwin dalam memimpin timnya. Sikap gesit dan penuh semangat yang ia tularkan pada tim, membuat Wiwin dan timnya dikenal sebagai tim “Bandung Bondowoso” karena selalu siap siaga menggarap dan menyelesaikan proyek pemeliharaan dengan cepat.

Karakter dan naluri keibuan yang dimilikinya seringkali terbawa dalam menjalankan profesinya. Hal inilah yang membawa Wiwin dicintai oleh karyawannya hingga menjadi sosok “Ibu” bagi karyawan untuk membagi keluh dan kesah mereka.

Bagi perempuan lulusan teknik sipil yang sejak bangku SMA aktif di komunitas pecinta alam ini, menjadi perempuan di tengah mayoritas laki-laki di bidang manufaktur dan kawasan industri nyatanya membuat dirinya menjadi semakin tertantang.

“Alhamdulillah ekosistem bekerja yang tercipta semasa karir saya di KIE dan Pupuk Kaltim selalu mendukung siapapun berkembang dan mendapatkan kesempatan yang sama untuk maju ke jenjang yang lebih tinggi tanpa membedakan gender, sepanjang memenuhi standar kompetensi”, tutur Wiwin.

Sebagai seorang ibu pekerja dengan dua anak perempuan, Wiwin mengakui bahwa membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga merupakan sebuah tantangan tersendiri. Namun, dengan dukungan dari suami yang sekaligus merupakan pendorong terbesar bagi Wiwin, dirinya mampu mengemban tugas sebagai ibu dan pekerja. Lebih lanjut, Wiwin pun terinspirasi oleh kegigihan ibunya yang juga wanita pekerja namun piawai membagi waktu dan atensi dalam membesarkan dia dan kelima saudaranya.

“Menjadi seorang ibu pekerja memang dihadapkan dengan beragam dilema. Meski begitu, bukan berarti kita tidak bisa menjalankan kedua peran tersebut dengan baik. Meskipun pekerjaan padat, saat anak-anak masih kecil saya selalu menyempatkan untuk pulang ke rumah saat jam istirahat untuk sekedar menyapa, memberi makan, atau menemani anak-anak tidur siang walau hanya sebentar. Saya bersyukur dengan kemudahan yang diberikan, dimana lokasi kantor dengan rumah saya jaraknya tidak terlalu jauh,” tutur Wiwin yang kini sudah memiliki satu orang cucu.

Dengan adanya teknologi, Wiwin yang penuh dengan kesibukan dapat terus berhubungan dengan keluarganya yang saat ini berdomisili di Jakarta. Ia pun bersyukur di era modern yang serba digital ini menghapuskan pembatas untuk terus bisa berkomunikasi dan menunjukkan kasih sayang kepada orang lain.

“Pada momentum hari ibu, kita bisa dengan mudahnya memberikan apresiasi dan berterima kasih utamanya kepada ibu dan juga perempuan hebat lainnya. Sebagai seorang ibu, mari kita memaknai momentum spesial ini dengan terus berbakti dan memberikan yang terbaik bagi keluarga dan orang-orang di sekitar kita,” tutur perempuan berumur 51 tahun ini.

Sosok pemimpin keibuan ini memegang teguh sebuah nilai yang diterapkan dalam kehidupannya, yaitu selalu memberikan yang terbaik dalam melakukan apapun bagi siapapun dan dimanapun.

“Semangat juang untuk memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang kita emban dan tidak kenal lelah untuk terus berkarya merupakan kunci dalam meraih kesuksesan. Akan tetapi yang paling utama adalah tingkatkan ibadah melalui perbanyak bersedekah serta dibantu dengan doa, khususnya doa seorang ibu.” tutup Wiwin.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."