Jangan Diabaikan, Berikut 7 Tanda Penyakit Jantung pada Perempuan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
ilustrasi jantung (pixabay.com)

ilustrasi jantung (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian nomor satu di kalangan wanita. Satu dari setiap tiga wanita meninggal dunia karena serangan penyakit jantung. Banyak wanita berpikir bahwa tanda-tanda khas penyakit jantung, seperti nyeri pada dada yang terasa seperti berdenyut bahkan sesak napas dapat dengan mudah dikenali.

Tapi ternyata ada sejumlah tanda lainnya yang patut diwaspadai. Dikutip dari laman Medicinenet, Selasa, 14 Desember 2021, berikut adalah tanda penyakit jantung yang umum terjadi pada perempuan.

1. Nyeri di dada

Nyeri di dada kerap digambarkan sebagai perasaan tertekan atau penuh di dada, sehingga menimbulkan sensasi yang sangat tidak nyaman.

2. Nyeri di rahang, leher, bahu, lengan, dan punggung

Nyeri yang bisa terjadi pada area tersebut akan dialami secara tiba-tiba sehingga bisa membangunkan Anda dari tidur. Jika rasa nyeri ini tak kunjung membaik, cobalah untuk segera periksa ke dokter agar memastikan Anda sedang tidak terkena gejala serangan jantung.

3. Sakit perut

Sakit di bagian perut saat terkena serangan jantung bisa membuat wanita merasa seperti terkena maag, sehingga mereka salah kaprah saat membedakan pertanda sakit jantung dengan maag. Namun, beberapa wanita bisa merasakan tekanan perut yang begitu parah hingga terasa seperti gajah sedang duduk di perutnya karena begitu besarnya tekanan yang dirasakan ketika penyakit jantung merembet ke area perut.

4. Sesak napas

Wanita mungkin mengalami sesak napas secara tiba-tiba, meski sebelumnya mereka tidak melakukan apa pun. Rasa sesak napas yang mereka alami seolah-olah mereka seperti habis lari maraton.

5. Berkeringat

Jika Anda mengeluarkan keringat tiba-tiba tanpa alasan yang jelas dan tidak sedang melakukan aktivitas apa pun, Anda harus curiga. Sebaiknya segera mengunjungi dokter agar mengetahui lebih lanjut penyebab keringat dan memastikan itu bukan penyebab penyakit jantung.

6. Kelelahan 

Merasa sangat lelah, bahkan dengan aktivitas sederhana seperti berjalan kaki bisa menjadi tanda serangan jantung. Wanita berpikir mereka merasa lelah karena stres dari aktivitas sehari-hari yang mereka lakukan, faktanya tidak selalu begitu.

7. Gangguan tidur

Wanita yang berisiko terkena penyakit jantung, termasuk mereka yang mengalami obesitas atau kelebihan pada berat badan, mungkin akan mengalami kesulitan untuk tidur yang nyenyak atau berkualitas. Itu bisa jadi tanda peringatan serangan jantung.

Lantas, apa yang harus dilakukan wanita untuk mencegah terjadinya serangan jantung?

Selain harus menjadwalkan kunjungan dengan dokter untuk mengetahui tentang risiko terkena penyakit jantung, tentu anda juga harus mengubah gaya hidup anda agar dapat mencegah serangan jantung seperti berhenti merokok, olahraga teratur agar tetap aktif, menjaga berat badan yang sehat, mengikuti diet sehat, menjaga gula darah agar tetap terkontrol, menjaga tekanan darah tetap terkendali, dan menurunkan kolesterol pada tubuh.

Baca juga: Tips Terhindar dari Penyakit Jantung, Coba Ikuti Pola Makan Ini

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."