Mengasuh Rayyanza tanpa Bantuan Pengasuh Bayi, Nagita Slavina Ungkap Alasannya

(paling kanan) Nagita Slavina bersama suami, Raffi Ahmad, dan kedua buah hati mereka, Rafathar Malik Ahmad dan Rayyanza Malik Ahmad. Foto: Instagram/@raffinagita1717

keluarga

Mengasuh Rayyanza tanpa Bantuan Pengasuh Bayi, Nagita Slavina Ungkap Alasannya

Senin, 13 Desember 2021 21:46 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Hampir tiga minggu dikaruniai Rayyanza Malik Ahmad, artis Nagita Slavina mengaku mengasuh anak keduanya itu tanpa bantuan pengasuh bayi atau baby sitter. Pertimbangannya karena ia tak mudah percaya dengan orang lain. Jadi, untuk saat ini, ia meminta bantuan dengan orang-orang yang telah lama bekerja sama dengannya. Ia mengutarakan hal itu saat berbincang dengan presenter Melaney Ricardo dan Okan Cornelius.

"Tapi lo ada nanny kan, Gi?" tanya Melaney Ricardo dikutip dari video yang diunggah di kanal Youtube-nya, Melaney Ricardo, Senin, 13 Desember 2021.

"Enggak, ada Lala (pengasuh Rafathar) dan ibu bebat aja," jawab Nagita. "Oh, jadi nanny khusus belum ada?" Melaney kembali bertanya. "Enggak, belum," respons istri Raffi Ahmad itu.

Nagita kemudian menjelaskan bahwa ibu bebat tinggal sebulan di kediamannya. Ibu bebat yang dimaksud membantunya dalam pijat laktasi dan pemulihan di bagian perutnya. Selain membantu pemulihan dirinya, ibu bebat juga membantunya dalam memandikan Rayyanza dan menjaga Rayyanza dalam waktu singkat. 

Nagita Slavina umumkan nama anak keduanya, Rayyanza Malik Ahmad. Foto: Instagram/@raffinagita1717

Ditambah pula, lanjut Gigi sapaan akrabnya, hingga saat ini Rayyanza tak bisa jauh darinya karena Air Susu Ibu (ASI).

"Lagian masih bayi sebenernya cuma gitu doang. Dan, sebenernya dia gak bisa lama-lama dititipin karena dia tetep harus nyusu juga," imbuh perempuan 33 tahun ini.

Gigi juga mengungkapkan bahwa ia tipe orang yang tak mudah percaya dengan orang baru untuk menjaga anaknya. Maka dari itu, jika butuh bantuan, ia meminta dukungan dari orang-orang sekitarnya dulu untuk saat ini.

"Jujur, aku orangnya gak terlalu percaya sama orang (baru) kalo buat anak. Kalo orang baru banget belum kenal, aku gak inilah. Kalo masih bisa dikerjain sendiri, toh kerjainnya di rumah," imbuhnya.

Bicara soal ASI eksklusif untuk Rayyanza, Gigi mengatakan akan memberikan yang terbaik selama produksi ASI-nya mendukung. Ia bertekad bisa memberikan ASI selama dua tahun untuk Rayyanza. Jika kondisinya tak memungkinkan, bisa jadi sampai 15 bulan seperti masa menyusui putra pertamanya yang kini berusia enam tahun, Rafathar Malik Ahmad.

"Iya, kalo bisa (ASI eksklusif) dua tahun mah, mau aja," katanya.

Nagita Slavina menggendong anak keduanya yang lahir pada Jumat, 26 November 2021. Foto: Instagram/@raffinagita1717

Saat ditanya suka duka menyusui, Gigi mengungkapkan produksi ASI-nya bertahap, tidak langsung banyak. Ia juga mengalami lecet-lecet di bagian puting payudara seperti ibu menyusui lainnya.

"Lecet-lecet mah wajar, ya, seminggu dua minggu pertama," ucapnya. Waktu tidur pun berkurang, jelasnya. Ia mengibaratkan masa menyusui lebih menantang dari persalinan. "Nyusuin itu lebih melelahkan daripada hamil. Lecet, gak tidur," tandasnya. 

Meski begitu, Nagita Slavina mengaku menikmati masa-masa itu demi tumbuh kembang anaknya. Jadi, ia selalu mengingat itu untuk menyemangati dirinya.

Sebagai informasi, Nagita Slavina melahirkan Rayyanza pada Jumat, 26 November 2021. Ia melahirkan Rayyanza lewat operasi caesar metode Eracs di rumah sakit ibu dan anak Bunda, Jakarta. Lima hari kemudian, ia baru mengumumkan nama lengkap Rayyanza Malik Ahmad. 

Baca juga: Makna Nama Rayyanza Malik Ahmad, Berkarakter Idealis dan Cinta Keluarga