Selain Demi Kesehatan Chloe, Ini Alasan Asmirandah Pilih DBF

Asmirandah menggendong Chloe Emanuelle Van Wattimena, anak pertamanya dengan Jonas Rivanno yang lahir pada 25 Desember 2020. Instagram.com/@asmirandah89

kesehatan

Selain Demi Kesehatan Chloe, Ini Alasan Asmirandah Pilih DBF

Minggu, 11 April 2021 17:34 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris Asmirandah kerap membagikan pengalaman beserta berbagi tips menjadi ibu baru melalui unggahan Instagram-nya. Cerita terbaru yang ia bagikan adalah terkait menyusui langsung dari payudara ibu ke bayi atau direct breastfedding (DBF). Istri Jonas Rivanno itu mengungkapkan alasan DBF Chloe pertama kali.

Menurut Asmirandah, DBF merupakan pilihan bagi para ibu sesuai kondisi kesehatan ataupun keseharian mereka. Jadi, DBF ataupun tidak sama-sama baik dan bermanfaat, jelasnya.

"Memang pilihan kok mau DBF atau gak, semua bagaimana keadaan ibu, ada yang gak bisa DBF karena harus kerja atau karena ASI gak banyak atau ada juga yang memang gak mau aja," tulisnya di Instagram, Ahad, 11 April 2021.

Aktris 31 tahun itu mengutarakan alasan ia DBF karena merasakan nikmatnya saat menyusui Chloe. "Pilihanku DBF karena pertama kali Chloe kepelukan ngerasain baget indahnya menyusui, bisa didekap anak sendiri sambil liatin dia," tuturnya.

Alasan lainnya memilih DBF adalah demi kesehatan Chloe yang sempat kuning. "Biliribunnya 11 tapi menurut dokter karena aku punya ASI yang cukup dan lancar jadi tugasku adalah kasih ASI ke Chloe terus jangan sampai kendor. hehehe (selain Chloe juga berjemur) puji Tuhan setelah usianya masuk 2 bulan sudah hilang si kuning itu," ucapnya.

Baca juga: Banyak Ibu Sedih dengan Tubuh Pasca Lahiran, Asmirandah: Yuk, Bersyukur

Asmirandah bersama suami, Jonas Rivanno, dan anak pertama mereka, Chloe Emmanuelle Van Wattimena. Instagram/@asmirandah89

Bilirubin adalah pigmen berwarna kuning yang terdapat dalam darah dan tinja manusia. Dalam kondisi normal, pigmen ini berfungsi untuk membantu pengolahan lemak di tubuh. Kadar bilirubin dalam darah yang terlalu tinggi menandakan gangguan di tubuh.

Menurut Mayo Clinic, biasanya dokter akan menilai kemungkinan penyakit kuning yang parah berdasarkan sejumlah faktor, antara lain berapa banyak bilirubin dalam darah, apakah bayi Anda lahir prematur, seberapa baik bayi menyusui, seberapa umur bayi Anda, apakah bayi Anda memar karena melahirkan, dan apakah kakaknya juga memiliki penyakit kuning yang parah.

Nilai bilirubin normal pada 24 jam pertama setelah kelahiran bayi adalah di bawah 5 mg/dL. Di sejumlah kasus, bayi kuning itu tidak berbahaya dan bisa membaik dalam rentan waktu 1-2 minggu setelah bayi dilahirkan. Salah satu cara yang disarankan para pakar kesehatan adalah memberikan ASI atau susu formula lebih sering dari biasanya sesuai arahan dokter yang merawat si bayi.

Memberi ASI lebih sering akan menyebabkan bayi lebih banyak buang air besar dan bisa menurunkan jumlah bilirubin pada bayi. Bayi ASI harus menyusu sebanyak 8-12 kali sehari selama beberapa hari pertama kehidupannya. Bayi yang diberi susu formula biasanya harus minum 1 hingga 2 ons (sekitar 30 hingga 60 mililiter) susu formula setiap dua hingga tiga jam selama minggu pertama.

Baca juga: Ajak Chloe Bepergian, Asmirandah Bawa Bak Mandi Portable dan Termometer

Kembali ke Asmirandah, meski awalnya memilih DBF, bukan berarti ia tak pernah menggunakan botol susu saat menyusui Chloe. Ia mengaku sudah memperkenalkan dot sejak Chloe berusia 40 hari. "Kayak seminggu (menyusui) tanpa dot..nanti ada dalam seminggu 4 hari ada pakai dotnya 2-3x (biasanya ketika aku ada kerjaan) walaupun Chloe nyaman aja pakai dot, tetep yang dicari nen langsung mamanya," imbuhnya.

Asmirandah melahirkan Chloe Emmanuelle Van Wattimena lewat operasi caesar pada 25 Desember 2020. Ia dan Jonas sepakat menjalani program bayi tabung untuk memperoleh keturunan menjelang tujuh tahun pernikahan. Kini, pasangan artis itu tengah menikmati masa-masa menjadi orang tua baru dan kompak mengasuh Chloe dengan bantuan keluarga, tanpa jasa baby sitter atau pengasuh anak. 

SILVY RIANA PUTRI | EKA WAHYU PRAMITA