Jessica Iskandar Hamil, Simak Perubahan Tubuh di Trimester Pertama

Jessica Iskandar mengunggah foto bersama tunangannya, Vincent Verhaag, Foto: Instagram Jessica Iskandar.

keluarga

Jessica Iskandar Hamil, Simak Perubahan Tubuh di Trimester Pertama

Senin, 15 November 2021 12:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Pasangan selebriti Jessica Iskandar dan Vincent Verhaag tengah berbahagia, sebabnya keinginan mereka berdua untuk memberikan adik untuk Alexander El Barack akhirnya kelak terwujud tak lama setelah mereka mengucap janji suci pernikahan. Kedua sejoli ini menikah pada 22 Oktober 2021 di Jakarta.

Kabar kehamilan tersebut disampaikan Jessica di laman Instagramnya dengan mengunggah foto saat memegang alat tes kehamilan yang menyatakan garis dua atau positif. Jessica mengandung anak kedua buah cintanya dengan Vincent. 

"We are expecting a baby! Selamat untuk keluarga kecil kita! Semoga dilancarkan dan di mudahkan jalannya atas berkah rejeki kehamilan ini," harap Jessica.

Demikian pula Vincent Verhaag mengunggah foto mereka bertiga dengan ekspresi kebahagiaan. "Terima Kasih Tuhan, My beautiful wife @inijedar is pregnant!! and @alexanderbarackel is getting a baby brother/sister!! Hayoo coba tebak baby boy or baby girl!?!" tulisnya.

Seperti yang sedang dialami oleh perempuan 33 tahun ini, terdapat perubahan pada tubuh yang akan ibu hamil rasakan saat memulai masa kehamilan di trimester pertama.

Kehamilan berlangsung selama sekitar 40 minggu. Minggu-minggu dikelompokkan menjadi tiga trimester. Trimester pertama adalah waktu antara pembuahan sel telur oleh sperma (konsepsi) dan minggu ke-12 kehamilan. Tubuh perempuan mengalami banyak perubahan selama 12 minggu pertama kehamilan.

Ibu hamil sering mulai memiliki kekhawatiran tentang jenis makanan apa yang bisa dikonsumsi, jenis tes prenatal apa yang harus mereka pertimbangkan, berapa banyak berat badan yang mungkin mereka dapatkan, bagaimana mereka dapat memastikan bayi mereka tetap sehat, memahami kehamilan minggu demi minggu dapat membantu Anda membuat keputusan yang tepat dan mempersiapkan perubahan besar yang ada di depan.

Apa yang terjadi pada tubuh perempuan selama trimester pertama?

Melansir laman Healthline, Senin 15 November 2021, pada trimester pertama, tubuh perempuan mengalami banyak perubahan. Tubuh melepaskan hormon yang mempengaruhi hampir setiap organ dalam tubuh. Tanda pertama Anda mungkin hamil adalah kehilangan menstruasi.

Ketika beberapa minggu pertama berlalu, beberapa ibu hamil mengalami hal berikut seperti kelelahan, sakit perut, muntah, perubahan suasana hati, payudara melunak, maag, penambahan berat badan, sakit kepala, mengidam makanan tertentu, jijik terhadap makanan tertentu, dan sembelit.

Anda mungkin perlu lebih banyak istirahat atau makan makanan kecil selama waktu ini. Namun, beberapa ibu hamil justru tidak merasakan gejala ini sama sekali.

Apa yang terjadi pada janin selama trimester pertama?

Hari pertama kehamilan Anda juga merupakan hari pertama menstruasi terakhir Anda. Sekitar 10 hingga 14 hari setelahnya, sel telur dilepaskan, bergabung dengan sperma, dan pembuahan terjadi. Seorang bayi berkembang pesat selama trimester pertama. Janin mulai mengembangkan otak dan sumsum tulang belakang, dan organ-organ mulai terbentuk. Jantung bayi juga akan mulai berdetak selama trimester pertama.

Lengan dan kaki mulai bertunas dalam beberapa minggu pertama, dan pada akhir delapan minggu, jari tangan dan kaki mulai perlahan terbentuk. 

Baca: Resmi Nikahi Jessica Iskandar, Vincent Verhaag: Kami Punya Frekuensi yang Sama