Untuk Atasi Sembelit, Coba Konsumsi Makanan dan Minuman Berikut

Ilustrasi wanita memegang perut. Pixabay.com/Natasya Gepp

kesehatan

Untuk Atasi Sembelit, Coba Konsumsi Makanan dan Minuman Berikut

Rabu, 22 September 2021 10:05 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Makanan yang dikonsumsi bisa menentukan kesehatan pencernaan. Jika makanan yang disantap kurang serat bisa menimbulkan beberapa masalah pencernaan, contohnya sembelit. Biasanya mereka yang mengalami sembelit hanya akan buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu.

Bila Anda sedang mengalami masalah sembelit, sebaiknya atur pola makan yang sehat dan lakukan penanganan dengan mengonsumsi makanan serta minuman berikut dikutip dari Medical News Today.

1. Perbanyak minum air putih 

Sudah jadi rahasia umum kalau salah satu penyebab sembelit adalah dehidrasi, kebutuhan air dalam tubuh tidak terpenuhi. Jadi, perbanyak minum air putih dan cukupi kebutuhan air sebanyak delapan gelas atau sekitar dua liter per hari.

2. Minum kefir atau yogurt

Khasiatnya mikroorganisme berupa probiotik pada kefir dan yogurt dapat menyehatkan usus. Disebutkan pula dalam sebuah studi pada 2014, para peneliti menyelidiki penggunaan yogurt probiotik tanpa rasa yang mengandung polydextrose, lactobacillus acidophilus, dan bifidobacterium lactis untuk mengobati sembelit.

3. Minum plum dan jus prune

Plum dan jus prune merupakan obat rumah yang mampu mengatasi sembelit. Khasiat ini sudah ramai diketahui di seluruh dunia. Buah satu ini mengandung banyak serat dan nutrisi yang dikenal untuk memudahkan dan mempercepat buang air besar. Tak hanya itu, plum juga mengandung senyawa sorbitol dan fenolik yang memiliki manfaat gastrointestinal.

4. Dedak gandum

Makanan ini kaya serat dan tidak larut dalam air, sehingga dapat mempercepat aliran kotoran melalui usus.

5. Sayuran brokoli

Khasiat kandungan sulforaphane di dalam brokoli merupakan zat yang dapat melindungi usus dan memperlancar pencernaan.

6. Buah anggur

Anggur memiliki serat yang tinggi dan juga mengandung banyak air. Untuk meringankan sembelit, cobalah memakan beberapa genggam anggur mentah yang sudah dibersihkan.

7. Buah kiwi

Setiap 100 gram kiwi mengandung sekitar 2-3 gram serat yang dapat menambah jumlah kotoran dan mempercepat aliran usus. Selain itu, kiwi juga mengandung actinidine, enzim yang mendorong pergerakan di saluran pencernaan bagian atas, dan beberapa fitokimia dengan khasiat yang sama.

Coba atasi sembelit dengan mengonsumsi makanan dan minuman di atas secara tidak berlebihan, ya.

Baca juga: Coba Atasi Sembelit dengan Jus Buah Ini, Ada Pir dan Nanas