Selain Ikan Salmon, Simak Sederet Makanan Sumber Vitamin D

Ilustrasi salmon (Pixabay.com)

kesehatan

Selain Ikan Salmon, Simak Sederet Makanan Sumber Vitamin D

Selasa, 21 September 2021 18:00 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Vitamin D adalah satu-satunya nutrisi yang diproduksi oleh tubuh saat terkena sinar matahari. Sayangnya, 50 persen populasi dunia mungkin tidak mendapatkan cukup sinar matahari, bahkan 40 persen penduduk Amerika Serikat kekurangan vitamin D. Sebabnya sebagian dari mereka menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan, memakai tabir surya di luar, dan makan makanan barat yang rendah vitamin D.

Nilai harian yang direkomendasikan atau daily value (DV) adalah 800 IU (20 mcg) vitamin D per hari dari makanan. Bila tidak mendapatkan cukup sinar matahari, maka diimbau makanan yang mengandung vitamin D mendekati 1.000 IU (25 mcg) per hari. Butuh referensi makanan yang jadi sumber vitamin D? Berikut tujuh di antaranya seperti dikutip dari laman Healthline, Selasa, 21 September 2021. 

1. Ikan salmon

Salmon merupakan ikan berlemak yang populer dan memiliki sumber vitamin D yang bagus. Menurut Database Komposisi Makanan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu porsi 3,5 ons (100 gram) salmon Atlantik yang dibudidayakan mengandung 526 IU vitamin D atau 66 persen dari kebutuhan harian.

2. Ikan herring dan sarden

Herring adalah ikan yang dimakan di seluruh dunia. Jenis ikan ini bisa disajikan mentah, kalengan, diasap, atau diasamkan. Ikan kecil ini juga merupakan salah satu sumber vitamin D terbaik. Ikan hering Atlantik segar menyediakan 216 IU per porsi 3,5 ons (100 gram), yang merupakan 27 persen dari kebutuhan harian.

3. Tuna kaleng

Banyak orang menyukai tuna kalengan karena rasanya yang enak dan cara penyimpanannya yang mudah. Tuna kaleng juga biasanya lebih murah daripada membeli ikan segar. Tuna kalengan mengandung hingga 268 IU vitamin D dalam porsi 3,5 ons (100 gram), yang merupakan 34 persen kebutuhan harian.

4. Minyak hati ikan kod

Minyak hati ikan kod adalah suplemen yang populer. Jika tidak menyukai ikan, mengonsumsi minyak ikan kod bisa menjadi kunci untuk mendapatkan nutrisi tertentu yang tidak tersedia di sumber lain.

Ikan kod adalah sumber vitamin D yang sangat baik, sekitar 448 IU per sendok teh (4,9 ml), memenuhi 56 persen kebutuhan harian, telah digunakan selama bertahun-tahun untuk mencegah dan mengobati defisiensi pada anak-anak.

5. Kuning telur

Orang yang tidak makan ikan harus tahu makanan laut bukan satu-satunya sumber vitamin D. Telur utuh adalah sumber lain yang baik serta makanan bergizi yang luar biasa. Sementara sebagian besar protein dalam telur ditemukan di bagian putihnya, lemak, vitamin, dan mineral sebagian besar ditemukan di kuning telur. Satu kuning telur mengandung 37 IU vitamin D atau 5 persen kebutuhan harian.

6. Jamur

Jamur satu-satunya sumber vitamin D nabati yang baik. Seperti manusia, jamur dapat mensintesis vitamin ini saat terkena sinar matahari. Namun, jamur menghasilkan vitamin D2, sedangkan hewan menghasilkan vitamin D3. Meskipun vitamin D2 membantu meningkatkan kadar vitamin D dalam darah, itu mungkin tidak seefektif vitamin D3.

7. Makanan fortifikasi

Sumber alami vitamin D terbatas, terutama buat vegetarian atau tidak suka ikan. Untungnya, beberapa produk makanan yang tidak secara alami mengandung vitamin D diperkaya dengan nutrisi ini. Di antaranya susu sapi, susu kedelai, jus jeruk, sereal dan oatmeal.

Baca juga: Dokter Anjurkan Dosis Vitamin D Minimal 5000 IU untuk Pasien Covid-19