Coba Atasi Sembelit dengan Minum Jus Buah Ini, Ada Pir dan Nanas

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi jus buah (Pixabay.com)

Ilustrasi jus buah (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Siapa yang pernah atau sedang merasakan sembelit? Masalah perut yang paling umum ini pastinya membuat keseharian jadi tidak nyaman.  Penyebabnya adalah pergerakan usus yang melambat sehingga membuat feses sulit melewatinya. Pemicunya antara lain rendahnya asupan serat, kurang aktivitas fisik, kurang asupan air, dan lainnya. 

Kebanyakan orang mengatasi sembelit dengan obat-obatan. Tapi jika Anda mencari solusi yang alami, lima jus buah ini bisa jadi pilihan seperti dilansir dari laman Times of India.

1. Jus buah prune

Kaya akan serat makanan dan sorbitol, jus prune cukup efektif untuk mengobati sembelit. Serat ini akan  membantu perjalanan makanan di dalam tubuh. Terlepas dari ini, prune merupakan sumber vitamin C dan zat besi yang baik.

2. Jus nanas

Nanas mengandung enzim yang disebut bromelain, yang membantu meringankan sembelit, mengurangi kembung, dan kram perut. Jus ini menambah serat makanan dan membuat Anda tetap terhidrasi.

3. Jus lemon

Jus lemon adalah salah satu jus populer untuk menghilangkan masalah sembelit. Lemon memiliki sifat asam alami, dilengkapi dengan vitamin C dan antioksidan, yang membantu menghilangkan racun dari saluran pencernaan. Beberapa orang secara khusus minum air jeruk nipis setelah makan untuk menjaga masalah gangguan pencernaan dan membuang racun dari tubuh.

4. Jus jeruk

Jeruk kaya akan kandungan serat yang menambah massa feses dan merangsang buang air besar. Buah ini juga dikemas dengan flavonol yang dikenal sebagai naringenin, yang bisa membantu mengatasi sembelit. Anda juga dapat mengkonsumsi jeruk, meskipun sedang mengalami masalah pencernaan lain.

5. Jus pir

Jus pir adalah pilihan lain yang bagus untuk meredakan sembelit. Buah ini kaya akan vitamin, mengandung serat dan sejumlah besar sorbitol. Jus pir bahkan direkomendasikan untuk anak-anak yang menderita masalah pencernaan.

MILA NOVITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."