9 Makanan Sehat untuk Awet Muda, Coba Salmon dan Jeruk

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi salmon (Pixabay.com)

Ilustrasi salmon (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Anda ingin tampillan kulit awet muda di pertambahan usia? Konsumsilah makanan sehat secara rutin dan bervariasi. Sebab, sayuran dan buah mengandung molekul antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Vitamin C dalam berbagai sayur buah pun dapat menjaga produksi kolagen. Selain itu, pastikan Anda juga mencukupi kebutuhan protein, cairan tubuh, dan lemak sehat.

Berikut beberapa makanan yang bisa menjaga kesehatan kulit

1. Ekstra virgin olive oil

Ekstra virgin olive oil atau minyak zaitun murni merupakan salah satu makanan paling sehat di dunia. Selain menurunkan risiko berbagai penyakit yang berkaitan dengan penuaan, ekstra virgin oil juga ditemukan bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Berbagai penelitian pada hewan mengungkapkan, minyak zaitun memiliki efek antiperadangan untuk melindungi kulit, termasuk dari kerusakan akibat sinar matahari. Tak hanya itu, sekitar 73 persen dari minyak ini merupakan lemak tak jenuh tunggal yang dikaitkan dengan elastisitas dan kekencangan kulit.

2. Salmon

Salmon amat kaya dengan asam lemak omega-3. Selain bermanfaat melindungi jantung, asam lemak ini dapat menjadi rahasia awet muda dan kecantikan karena mampu melindungi kulit dari peradangan serta kerusakan akibat sinar mentari.

Salmon juga mengandung molekul antioksidan yang disebut astaxanthin. Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Medicinal Food menemukan, kombinasi astaxanthin dan kolagen memiliki potensi untuk meningkatkan elastisitas dan hidrasi pada kulit wajah yang mengalami kerusakan karena paparan sinar matahari.

3. Cokelat hitam

Butuh resep rahasia awet muda dengan rasa yang nikmat? Cokelat hitam menjadi solusinya. Makanan kesukaan sejuta umat ini mengantongi berbagai molekul antioksidan, termasuk flavanol yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet.

Kandungan flavanol ini akan bergantung pada kadar kokoa dalam cokelat hitam yang Anda beli. Semakin tinggi konsentrasi kokoa, semakin tinggi pula kadar flavanol. Pastikan Anda membeli coklat hitam dengan konsentrasi kokoa setidaknya 70 persen.

Ilustrasi buah jeruk. Tempo/Charisma Adristy

4. Jeruk

Kandungan air dalam buah jeruk sangat tinggi, sehingga rutin mengonsumsinya akan membantu sel kulit senantiasa terhidrasi. Jeruk pun telah termashyur sebagai salah satu sumber vitamin C. Vitamin C berperan dalam pembentukan kolagen, atau protein dalam kulit, sehingga kulit senantiasa elastis.

5. Alpukat

Menjaga kulit tetap awet muda tak lengkap tanpa alpukat. Kandungan lemak tidak jenuh tunggal dalam alpukat dapat memelihara hidrasi kulit. Jenis lemak sehat ini juga membantu penyerapan gizi dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh.

6. Daging sapi dan ayam

Daging sapi dan ayam merupakan sumber protein yang mungkin sering Anda konsumsi. Protein sangat esensial untuk kulit karena berperan dalam pembentukan kolagen. Memasak daging sapi dengan panas tinggi memang dapat mengurangi kandungan antipenuaan. Untuk meminimalisasi penurunan kandungan tersebut, Anda disarankan untuk sering membolak-baliknya.

7. Teh hijau

Teh hijau disebut-sebut sebagai minuman paling sehat di dunia. Teh ini pun dapat menjadi resep rahasia awet muda karena sangat tinggi dengan antioksidan polifenol.

Senyawa-senyawa polifenol dilaporkan ahli dapat melindungi kolagen, sehingga dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan. Sebuah studi dalam jurnal Dermatologic Surgery juga menyebutkan, konsumsi suplemen dan krim teh hijau berpotensi menjaga elastisitas kulit. 

8. Tomat

Mencari makanan untuk menjaga kulit tetap terlihat muda sebenarnya tak perlu mahal, seperti tomat yang harganya cenderung terjangkau. Sayuran buah ini ditopang oleh likopen, senyawa yang memiliki potensi untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Untuk mengoptimalkan penyerapan likopen ke tubuh, Anda bisa mengolah tomat menggunakan minyak sehat seperti minyak zaitun.

9. Rempah-rempah

Selain melezatkan masakan, beberapa rempah juga dapat menjaga kesehatan kulit. Misalnya, kayu manis diyakini mampu meningkatkan produksi kolagen, sehingga dapat menjaga kekencangan dan elastisitas kulit.

Selain kayu manis, ada juga cabe yang mengandung capsaicin. Zat itu mampu melindungi perubahan pada kulit yang terjadi pada tingkat sel.

Jahe pun tak mau ketinggalan. Kandungan gingerol dalam penyedap rasa ini memiliki efek antiperadangan yang dilaporkan mampu mengurangi bintik hitam yang kerap terjadi karena paparan sinar matahari.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."