Cara Yuanita Christiani Membiasakan Putrinya Tidur Sendiri Sejak Kecil

(Paling kanan) Yuanita Christiani bersama anak pertamanya, Ariella Lenora Wiguna. Instagram/@yuanitachrist

keluarga

Cara Yuanita Christiani Membiasakan Putrinya Tidur Sendiri Sejak Kecil

Senin, 6 September 2021 09:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap orang tua punya cara tersendiri dalam mengasuh buah hatinya. Begitu pula dengan presenter Yuanita Christiani dan suami, Indra Wiguna Tjipto yang membiasakan putrinya, Ariella Lenora Wiguna, tidur di kamarnya sendiri sejak kecil. Untuk menerapkan hal itu, menurut Yuanita, butuh proses dan tidak instan agar putrinya yang berusia 1 tahun 5 bulan itu nyaman tidur sendiri.

"Proses dan gak instant tentunya bisa karena terbiasa. Memang sejak kecil Ariella sudah dibiasakan tidur di kamarnya sendiri. Tidak gabung dengan mami papinya," jelasnya saat menjawab salah satu pertanyaan warganet di Instagram Stories, Ahad, 5 September 2021.

Karena dibiasakan sejak kecil, lanjut Yuanita, Ariella sudah tahu kamar tempatnya tidur. Ia selalu menunjuk kamar tersebut saat ingin tidur. Meski begitu, di awal-awal Ariella masih bayi, ia menemani di kamar tersebut. "Tetep yang nemenin cukup liatin dari luar ranjangnya dia. Tidak digendong. Ditepok-tepok, dll. Nanti dia akan berproses tidur dengan sendirinya," katanya.

Unggahan Instagram Stories Yuanita Christiani, Ahad, 5 September 2021. Foto: tangkapan layar Instagram @yuanitachrist

Selain membagikan kiat, ia juga menyertakan video kamera pengawas yang menunjukkan Ariella yang bermain di ranjangnya warna putih sebelum tertidur.

Tak hanya soal tidur sendiri yang sudah dibiasakan sejak kecil, Yuanita juga mengisahkan membiasakan Ariella minum susu sebelum tidur. Biasanya diberikan di meja makan, bukan di kamar. "Jadwal (minum) susu sudah dilakukan sebelum tidur dan tidak di k kamar tapi di meja makan. Minum dari gelas. Jadi saat tidur sudah sikat gigi bersih," jelas perempuan 35 tahun ini.

Sama halnya dengan Ariella tidur sendiri di kamarnya, Yuanita menekankan pentingnya rutinitas agar anak terbiasa, termasuk meminum susu dari gelas. "Dibuat rutinitasnya setiap hari seperti itu pasti lama kelamaan akan mengerti koq," tulisnya.

Presenter Yuanita Christiani berfoto dengan sang suami dan putrinya dengan busana serba merah. Yuanita tampil cantik dengan dress merah off shoulder, sedangkan sang suami mengenakan kaos berkerah berwarna merah. Putri Yuanita juga tampak menggemaskan dengan bando merah. Instagram/@yuanitachrist

Yuanita juga menunjukkan salah satu menu makanan pendamping air susu ibu atau MPASI favorit Ariella. Menu tersebut terdiri dari tempe nugget, bayam kuah, bakso ikan, ikan dori panggang, dan nasi putih. "Kalau yang dia doyan bener-bener bisa disapu bersih tak tersisa," ucapnya. Menurut Yuanita, Ariella sudah menyantap nasi sejak usia satu tahun.

Di unggahan berikutnya, Yuanita mengungkapkan ada saatnya Ariella tak menghabiskan makanannya. Ia hanya menyantap beberapa makanan yang disukainya. Walhasil, Yuanita harus berkreasi menciptakan menu baru. "Mamak kembali harus putar otak & cari pertolongan mbak Google buat resep baru," ungkap Yuanita Christiani. 

Baca juga: Jurus Jitu Yuanita Christiani dan Suami Mengasuh Anak Tanpa Pengasuh