Legenda Pop Minang Elly Kasim Meninggal Dunia, Intip 4 Faktanya

Elly Kasim memulai kariernya di dunia tarik suara sejak tahun 1961. Ia dikenal dengan penyanyi yang merekam banyak sekali lagu, mulai dari lagu berbahasa Indonesia hingga lagu-lagu berbahasa Minang. Salah satu yang terkenal adalah lagu Ayam den Lapeh. Foto/Instagram

profil

Legenda Pop Minang Elly Kasim Meninggal Dunia, Intip 4 Faktanya

Rabu, 25 Agustus 2021 23:28 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi senior Elly Kasim meninggal dunia di usia 76 tahun pada Rabu, 25 Agustus 2021 di RS MMC - Kuningan, Jakarta. Kabar meninggalnya Elly Kasim, menjadi duka yang tidak hanya dirasakan oleh keluarganya, namun juga rekan dan kerabat dari industri hiburan ikut merasakan kehilangan mendalam.

Berikut fakta dibalik sosok penyanyi legendaris, Elly Kasim.

1. Penyanyi asli MinangElly Kasim dikenal masyarakat melalui lagu - lagu khas minangnya. Penyanyi kelahiran 27 September 1944 ini, merupakan wanita asli Sumatera Barat. Selama berkarier, Elly telah memberikan karya lebih dari 100 buah album solo. Tidak sedikit pula dari tembang yang pernah dibawakan Elly Kasim menjadi hits di Indonesia. Salah satu lagu yang paling terkenal berjudul “Ayam Den Lapeh”. Lagu tersebut sangat dikenal hingga mancanegara. Bahkan, lagu tersebut sempat diterjemahkan ke dalam bahasa Vietnam.

2. Mengadakan konser tunggal Elly Kasim mulai berkarier sejak tahun 1976. Sejak dikenal di masyarakat lias, Elly Kasim sempat mengadakan berbagai pertunjukan. Seperti pada tahun 2017, Elly Kasim pernah menggelar konser tunggal. Konser yang berlangsung di Teater Jakarta Taman Ismail Marzuki (TIM), mengambil tema “Menjulang Bintang 57 Tahun Elly Kasim Berdendang” menjadi bukti kesuksesan Elly di industri hiburan tanah air.

3. Memiliki usaha Wedding OrganizerSelain menjadi seorang penyanyi, Elly juga membuka usaha wedding organizer. Usaha yang diberi nama Elly Kasim Collection ini berfokus pada acara-acara khusus adat Minang. Selama berjalan, wedding organizer ini telah berhasil mendulang kesuksesan dengan berpartisipasi dalam setiap pernikahan besar para artis tanah air seperti acara pernikahan Nikita Willy, Pre-wedding Aurel dan Atta Halilintar, serta prosesi pernikahan Lesti dan Rizky Billar.

4. Menangani pernikahan Lesti Kejora dan Rizky BillarMelalui akun instagramnya, Elly Kasim sempat membagikan potret pelaminan yang dibuat oleh wedding organizernya untuk acara pernikahan Lesti Kejora dan Rizky Billar. Dalam keterangannya, Elly menuliskan bahwa potret pelaminan pada unggahan tersebut adalah pelaminan untuk acara Malapeh Bujang dan Malam Baina Lesti Kejora dan Rizky Billar.

Sebagai salah satu sosok yang telah berperan besar dalam pernikahannya, Billar ikut mengucapkan belasungkawa dan rasa terima kasihnya melalui instagram story untuk Elly Kasim. “Innalillahi wainnailaihi rojiun. Masih terkenang bagaimana begitu antusiasnya almarhumah mengurus upacara adat Minang dalam rangkaian acara pernikahan saya,” tulis Rizky Billar yang baru melangsungkan pernikahan pekan lalu.

Selamat jalan bunda, terima kasih sudah membantu proses acara saya sampai sukses. Al Fatihah,” kata Rizky Billar mengenang Elly Kasim.

Baca: Elly Kasim Meninggal, Nikita Willy Ungkap Doa Berikut

FAHIRA NOVANRA | INSTAGRAM | DWI RETNO