Cerita Rinaldy Yunardi Desain Headpiece Madonna, Inspirasinya Lingkaran Cahaya

Madonna kenakan headpice rancangan Rinaldy Yunardi/Foto: Instagram/Rinaldy Yunardi

profil

Cerita Rinaldy Yunardi Desain Headpiece Madonna, Inspirasinya Lingkaran Cahaya

Rabu, 18 Agustus 2021 14:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Desainer aksesori Rinaldy Yunardi membagikan kisahnya merancang headpiece atau hiasan kepala yang dipakai Ratu pop, Madonna, di hari ulang tahunnya ke-63 pada Senin, 16 Agustus 2021. Rinaldy mengaku dihubungi langsung oleh pihak Madonna. Ia mengisahkan Madonna ingin memakai hiasan kepala buatannya di hari istimewanya.

"Jadi, sekitar sebulan yang lalu atau sebulan lebih ya, ada permintaan nih dari Madonna. Dia mau ulang tahun pake sesuatu (karya) dari aku. Ini kali ketiga Madonna request aku (bikin headpiece), kan salah satunya pas Met Gala (2018)" ujarnya saat dihubungi Cantika via telepon pada Rabu, 18 Agustus 2021.

Lebih jauh Rinaldy memaparkan tak ada arahan untuk desain headpiece. Ia diberikan kebebasan dalam berkarya.

"Aku enggak tahu dia mau pestanya gimana, konsepnya apa, kostumnya, sama sekali gak tau. Aduh ini ujian lagi. Enggak ada bayangan. Oke gapapa, gak masalah. Saya harus ujian lagi nih, belajar lagi nih," tuturnya penuh semangat. 

Ia mulai mencari inspirasi dari sosok Madonna yang tetap eksis dan bersinar di dunia musik. Selain itu, desainer yang akrab disapa ko Yunyung ini melihat Madonna sosok yang religius. 

"Trus saya bayangkan, dia kan sangat religius dengan agama, katolik banget. Oke kali ini, saya mau bikinin sebuah lingkaran cahaya. Waktu Met Gala kan (dibuatkan) tiara bertaburan salib. Kalau ini, di usia 63 dia tetep eksis, bahkan dia lebih bersinar di usia ini dan seterusnya. Dia legendaris. Biasanya kan sinar di kepala, kan, ada Bunda Maria tuh ada sinarnya," paparnya. 

Ko Yunyung mengaku tidak membuat sketch dalam karya ini, ia langsung membuatnya mengingat tenggat waktu yang diberikan dan jumlah karyawan yang terbatas di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM

"Karena lg PPKM kan karyawan tidak banyak. Cuma 1, 2, jadi mau enggak mau waktu toh, deadline. Aku buatnya kurang dari sebulan," ucapnya.

Menyoal detail bahan headpiece yang diberi nama La Vita e Bella, Rinaldy kembali memilih logam ukir bahan yang menjadi favoritnya. Ia memilih warna antique gold atau emas antik yang dihiasi sejumlah kristal dan batu zircon. Ia mengaku tak menghitung jumlah kristal dan batu zircon yang dipakainya. Patokannya dalam menggunakan bahan adalah intuisi dan keindahan karya tersebut.

Baca juga: Ulang Tahun, Madonna Kenakan Headpiece Bermakna Ikonik Karya Rinaldy Yunardi

"Saya kalau berkarya kurang (bahan yang dipakai), tambah lagi, kurang, tambah lagi," ujarnya sambil tertawa.

Rinaldy mengatakan headpiece tersebut nyaman dan tidak berat saat dipakai. Pasalnya, ia mencoba lebih dulu karyanya sebelum dikirimkan ke klien.

Soal harga, Rinaldy tak menyebutkan besaran nominal headpiece tersebut. Ia hanya mengutarakan bahagia dan bangga karyanya dipakai kembali oleh Madonna. 

"Menciptakan itu nilainya tinggi trus ada ceritanya, bagaimana saya mengambil inspirasi, bagaimana membuatnya, trus dipake Madonna, tambah lagi bangganya," tukasnya.

Hingga saat ini, Rinaldy mengaku belum ada komentar langsung dari Madonna soal karyanya. Namun lewat unggahan foto Madonna memakai karyanya dan menandai akun Instagram-nya, itu salah satu bentuk apresiasinya.

"Tiba-tiba dia launching foto itu pas hari kemerdekaan Indonesia. Bener-bener untuk Indonesia dan diriku. Ini salah satu hadiahku untuk Indonesia, karyaku untuk Indonesia," pungkasnya.

Di ujung perbincangan, Rinaldy Yunardi memberi bocoran akan ada proyek selanjutnya di Indonesia maupun luar negeri. Kita tunggu saja selengkapnya, ya. Nama Rinaldy Yunardi sebagai perancang aksesori tak diragukan lagi. Tak hanya Madonna, karyanya juga dikenakan oleh penyanyi dan selebriti Hollywood lainnya seperti Lady Gaga, Beyonce, Katy Perry, Rihanna, hingga Khloe Kardashian. Sederet selebriti dalam negeri seperti Syahrini, Melly Goeslaw, Titi DJ, Krisdayanti, hingga BCL kerap mengenakan headpiece hingga anting buatannya. 

Soal mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, Rinaldy dinobatkan sebagai juara umum World of Wearable Arts atau WOW 2019 di Wellington, Selandia Baru pada akhir September 2019. Rinaldy Yunardi memenangkan tiga penghargaan sekaligus, yaitu Avant Garde Award, International Award untuk kategori Asia, dan Supreme Award. 

Baca juga: Curhat Riset Rinaldy Yunardi Merancang Aksesori Khas Indonesia