Selain Menyehatkan, Ngemil Kismis dan Kacang Almond Bantu Turunkan Berat Badan

Ilustrasi kismis atau buah kering (Pixabay.com)

kesehatan

Selain Menyehatkan, Ngemil Kismis dan Kacang Almond Bantu Turunkan Berat Badan

Minggu, 8 Agustus 2021 18:00 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah orang mengungkapkan kenaikan berat badan selama beraktivitas di rumah saja demi memutus rantai penyebaran Covid-19. Salah satu pemicu yang kerap diperbincangkan adalah meningkatnya intensitas menyantap camilan atau ngemil. Termasuk Anda?

Sebenarnya Anda bisa tetap ngemil asalkan dalam porsi secukupnya dan memilih camilan sehat. Perlu diingat, asupan makan makanan yang sehat lebih baik daripada membuat diri Anda kelaparan demi berat badan ideal.

Lantas, apa saja jenis camilan yang menyehatkan sekaligus menurunkan berat badan? Contohnya, kacang-kacangan penuh nutrisi bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Berbagai penelitian telah menemukan bahwa makan kacang secara teratur dapat menghentikan orang menambah berat badan ekstra dalam jangka panjang dan mencegah risiko obesitas. Selain kacang-kacangan, buah kering juga termasuk camilan sehat seperti dilansir dari laman Times of India.

1. Kismis

Kismis merupakan anggur kering yang memiliki bahan kimia kuat, sekaligus bermanfaat untuk menahan rasa lapar Anda. Saat Anda mengonsumsi kismis, reaksi kimia dimulai di tubuh Anda yang memperlambat pernapasan Anda. Ini juga memiliki neurotransmiter kuat yang dikenal sebagai GABA, yang menstabilkan nafsu makan Anda. Reaksi kimia ini dapat memperlambat pencernaan dan bertindak pada tingkat stres sekaligus mengurangi sel-sel lemak dalam tubuh.

2. Kacang Almond

Selain sumber nutrisi, kacang almond merupakan tambahan yang bagus untuk diet harian Anda. Sesuai penelitian, makan almond secara teratur dapat menyebabkan penurunan berat badan, meningkatkan tingkat metabolisme, melawan kolesterol jahat, dan mengurangi jenis lemak yang buruk.

Segenggam almond membantu memuaskan rasa lapar Anda dan membantu mengurangi lemak perut serta indeks massa tubuh secara keseluruhan. Almond penuh dengan lemak tak jenuh tunggal dan serat.

3. Kacang Tanah

Kacang tanah memiliki asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda yang mengurangi peradangan dalam tubuh. Kacang memberi kekuatan pada tubuh Anda dan membuat Anda kenyang lebih lama. Jika Anda merasa lapar, ambil segenggam kacang tanah dan singkirkan rasa lapar dengan cara yang sehat.

4. Kacang Kenari

Kacang kenari atau walnuts terkenal dapat meningkatkan kesehatan otak. Bukan hanya itu, kacang kenari sarat dengan lemak tak jenuh dan asam lemak tertentu yang dibutuhkan oleh tubuh. ALA dalam kenari adalah enzim penting yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat, meningkatkan pencernaan dan mengatur pergerakan lemak dalam tubuh, serta membantu Anda menurunkan berat badan.

Kacang kenari juga kaya akan protein, mineral, dan vitamin sehingga membuat perut Anda kenyang lebih lama. Nutrisi dalam kenari meningkatkan kadar serotonin kimia di otak, yang mengurangi rasa lapar.

5. Kurma

Vuah kering ini mengandung jumlah serat yang baik. Kurma dapat meningkatkan pencernaan dan membantu Anda menurunkan berat badan. Jika Anda menyukai makanan manis, kurma adalah pilihan tepat untuk memuaskan hasrat Anda. Mengingt kurma tinggi kalori, maka disarankan untuk menyantapnya secara moderate atau secukupnya. Hal itu juga berlaku empat camilan sehat lainnya agar ngemil Anda bisa menyehatkan sekaligus menurunkan berat badan.

Baca juga: Mau Ngemil sebelum Tidur, Ahli Sarankan Alpukat, Jus Ceri Asam, dan Telur Dadar