Kreasi Dua Resep Camilan Berbahan Pisang, Ada Nugget dan Karamel

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi mengolah pisang.  Unsplash/Eiliv Sonas Aceron

Ilustrasi mengolah pisang. Unsplash/Eiliv Sonas Aceron

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menyantap pisang sebagai camilan memang nikmat, tapi terkadang si Kecil dan keluarga bosan dengan menu yang itu-itu saja. Yuk sajikan pisang panggang dengan cara berbeda! Kreasikan pisang dengan kreatif dan membuat ketagihan.

Pisang juga mengandung karbohidrat sehat yang bisa meningkatkan energi, lho. Selain itu pisang juga kaya akan vitamin B6, pisang merupakan sumber vitamin C, serat makanan, dan mangan yang baik. Pisang juga bebas lemak, bebas kolesterol, dan hampir bebas natrium. Cemilan ini jadi makin pas untuk keluarga.

Simak dua resep camilan berbahan pisang yang bisa Anda coba kreasi Dapur Umami berikut ini:

1. Pisang Nugget

Pisang nugget, kreasi resep berbahan pisang/ Foto: Dapur Umami

Selain enak disantap langsung, Anda juga bisa lho mengkreasikan pisang menjadi nugget sebagai camilan lezat untuk disantap bersama si Kecil. Cukup olah pisang dengan tepung Manis Serbaguna, lalu sajikan dengan lelehan cokelat dan taburan meses. Rasa manis dan kriuknya bikin si Kecil ketagihan!

Bahan-bahan:

5 bh Pisang kepok besar
1 bks Sajiku tepung manis serbaguna 75gr
100 gr Tepung panir
500 ml Minyak goreng
2 bh Telur kocok
Cokelat leleh
Meses

Cara membuat:

Langkah 1
Siapkan wadah, haluskan pisang menggunakan garpu, tambahkan tepung, aduk rata.

Langkah 2
Masukkan adonan pisang ke dalam wadah tahan panas yang telah di olesi minyak, kukus hingga matang selama 30 menit, angkat.

Langkah 3
Potong-potong nugget pisang. Masukkan potongan pisang ke dalam telur kocok, lalu gulingkan di atas tepung panir.

Langkah 4
Panaskan minyak goreng, goreng hingga nugget pisang matang, angkat, dan beri topping sesuai selera.

Waktu memasak kurang lebih 60 menit

2. Pisang Nanas Caramel Mayo

Kreasi resep berbahan pisang, caramel mayo/Foto: Dapur Umami

Bahan-bahan
- 6 bh Kulit Lumpia Besar
- 1 bh Pisang Raja
- 1/2 bh Nanas
- 100 gr Gula Pasir
- 1 bungkus mayonaise Mayumi
- 700 ml Minyak Goreng
- 2 sdm Air

Cara membuat:

Langkah 1
Potong pisang menjadi 2 bagian memanjang, potong nanas menjadi 4 bagian memanjang, sisihkan.

Langkah 2
Ambil satu lembar kulit lumpia, isi dengan pisang atau nanas, lalu bubuhkan mayonaise di atasnya.

Langkah 3
Gulung kulit lumpia dan rekatkan dengan sedikit air.

Langkah 4
Panaskan minyak goreng, masukkan lumpia isi pisang dan nanas.

Langkah 5
Taburi dengan gula pasir goreng hingga kuning kecoklatan dan gula menempel pada kulit lumpia, angkat, sajikan.

Waktu memasak sekitar 30-40 menit

Menyadari semakin banyak masyarakat yang membutuhkan beragam resep di masa pandemi Covid-19 ini, website Dapur Umami dari PT Ajinomoto Indonesia baru-baru ini meluncurkan berbagai fitur baru yang menarik.

Digital Marketing Departemen Manager Grant Senjaya, mengatakan dengan user interface yang baru, lebih ramah, dan fresh, untuk mewujudkan penyediaan informasi atau layanan yang tepat, kekinian, dan berkualitas tinggi melalui fitur-fitur baru seperti smart search yang sesuai dengan preferensi makanan pengunjung, komunikasi interaktif antar-member yang terdaftar, serta konsultasi dengan ahli.

"Namun, yang paling bermanfaat terutama di masa PPKM ini, adalah halaman khusus yang dibuat untuk menyediakan berbagai menu peningkat daya tahan tubuh dan tips kesehatan yang mudah diterapkan, serta informatif bagi semua cooking enthusiast di Indonesia," ucap Grant melalui siaran pers, Jumat 31 Juli 2021.

Halaman khusus tentang PPKM yang berisi 10 menu untuk mendukung setiap keluarga memenuhi kebutuhan gizi. Pihaknya juga berbagi tips nutrisi dan rekomendasi terkait UMKM, karena banyak UMKM yang berusaha untuk tetap bertahan. "Harapannya, kami dapat mendukung semuanya selama PPKM, agar tetap sehat dan positif menjalani keseharian,” ujar

Fitur baru lainnya ada 'Teruji Umami,' yang menjamin nutrisi dan kelezatan resep, 'Pemandu Rasa,' fitur smart search untuk kebutuhan menu harian Anda, dan 'Tanya NutriExpert,' fitur yang dapat ajukan pertanyaan kepada Ahli Gizi untuk saran asupan gizi terbaik. Semua fitur ini siap untuk penggunaan sehari-hari dan lebih banyak lagi yang akan datang, untuk menciptakan pengalaman baru yang bermanfaat dan menguntungkan bagi ibu, koki rumah, dan cooking enthusiast di Indonesia.

Baca: Resep Mudah Camilan Bola-bola Keju, Temani Anak Belajar Online

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."