Mau Ngemil sebelum Tidur, Ahli Sarankan Alpukat, Jus Ceri Asam, dan Telur Dadar

Ilustrasi alpukat (Pixabay.com)

kesehatan

Mau Ngemil sebelum Tidur, Ahli Sarankan Alpukat, Jus Ceri Asam, dan Telur Dadar

Jumat, 15 Januari 2021 21:20 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah orang kerap menginginkan camilan sebelum tidur, tapi takut berat badan naik. Termasuk kamu? Jika kamu salah satunya, ada kabar baik dari psikolog klinis dan spesialis tidur bersertifikat, Michael J. Breus, Ph.D.

Menurut Michael yang juga dikenal sebagai The Sleep Doctor di podcast mindbodygreen,  “Anda tidak ingin tidur kekenyangan, tetapi Anda juga tidak tidak ingin tidur dalam keadaan lapar. ”

Jadi, ia memperbolehkan ngemil yang membuat Anda kenyang dan mempermudah tidur. Tentu saja, jenis makanan yang disarankan bukan makanan manis dan makanan cepat saji. Lantas, camilan apa saja yang diperbolehkan sebelum tidur?

Berikut daftar camilan pengantar tidur yang disetujui pakar

1. Jus Ceri Asam

Jus ceri asam kaya akan melatonin, hormon yang diproduksi secara alami oleh tubuh yang penting untuk tidur. Menurut suatu studi acak, tersamar ganda, terkontrol plasebo menunjukkan bahwa partisipan yang minum jus ceri asam meningkat kadar melatoninnya sehingga meningkatkan kualitas tidur dan durasi tidur.

Studi percontohan acak dan tersamar ganda lainnya menemukan bahwa jus ceri asam efektif dalam mengelola insomnia daripada produk valerian dan melatonin.

Anda tidak perlu selalu menyediakan juicer. “Beli ceri asam dan nikmati sebagai camilan,” Uma Naidoo, psikiater bersertifikat, koki profesional, dan penulis This Is Your Brain On Food, mengatakan di podcast mindbodygreen “Ini makanan andalan saya. "

2. Alpukat 

Menurut Breus, komposisi camilan sebelum tidur yang sempurna mengandung sekitar 70% karbohidrat dan sekitar 30% lemak atau protein. Karbohidrat kompleks yang utuh turut merangsang pelepasan serotonin, yang sebenarnya berubah menjadi melatonin di kelenjar pineal di otak. Sementara, kandungan protein dan lemak yang membuat Anda kenyang sepanjang malam, jadi Anda tidak bangun di tengah malam karena kadar gula darah melonjak.

“Yang ingin saya katakan kepada orang-orang adalah mengambil beberapa potong alpukat dan menaruhnya di atas kue beras,” tutur Breus. “Itu camilan yang sempurna.”

Atau, jika Anda lebih menyukai makanan manis, Anda bisa menyantap alpukat  ditambah dengan sesendok mentega almond yang mengandung lemak sehat.

3. Kacang chickpea

Ahli diet terdaftar, Jessica Cording, mengaku suka menyiapkan kacang chickpea panggang utuh yang renyah untuk dimakan sebelum tidur.

Kacang chickpea mengandung banyak manfaat, salah satunya karbohidrat kompleks yang turut merangsang serotonin. Selain itu, kacang chickpea mengandung banyak triptofan, asam amino yang merupakan prekursor serotonin. 

Kacang chickpea juga kaya magnesium yang turut mendorong relaksasi dan istirahat malam yang nyenyak. 

4. Telur dadar

Naidoo menyebut telur dadar juga bisa dijadikan camilan. Sebab telur mengandung banyak melatonin (yang dapat membantu Anda tertidur lebih cepat dan lebih lama), serta L-ornithine, asam amino yang telah terbukti membantu meningkatkan kualitas tidur.

Menurut Naidoo, Anda bisa menambahkan asparagus dan brokoli yang juga kaya melatonin saat menyantap telur dadar. 

NIA PRATIWI