5 Makanan Tinggi Protein untuk Bantu Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi putih dan kuning telur. pixabay.com/Baljeet Singh

kesehatan

5 Makanan Tinggi Protein untuk Bantu Menurunkan Berat Badan

Rabu, 7 Juli 2021 07:35 WIB
Reporter : Terjemahan Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Makanan tinggi protein banyak membantu dalam pembentukan otot dan bisa membuat merasa lebih kenyang usai menyantapnya. Oleh karena itu, sejumlah orang memilih diet kaya protein untuk membantu penurunan berat badan.

Namun, penting untuk dicatat, tetap harus diimbangi dengan makanan kaya serat, vitamin, dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Tak hanya itu, rutin berolahraga dan tidur yang cukup juga berperan penting dalam menurunkan berat badan. Untuk urusan olahraga, jika Anda diet tinggi protein disarankan melakukan angkat beban. Latihan itu dapat membantu Anda mencapai tubuh yang kencang sambil membakar kalori dan lemak ekstra.

Berikut adalah lima makanan kaya protein yang perlu Anda masukkan ke dalam diet Anda untuk menurunkan berat badan dikutip dari laman Pink Villa, Selasa, 6 Juli 2021.

1. Telur

Telur adalah sumber protein yang luar biasa dan paling efisien. Telur baik untuk menurunkan berat badan sebab bantu membakar kalori dan meningkatkan metabolisme.  

2. Kacang-kacangan

Kacang hitam adalah sumber protein yang sangat bermanfaat. Kacang mengandung karbohidrat dan serat yang tinggi. Kacang hitam juga merupakan sumber protein nabati yang sangat baik.

Baca juga: Ini Manfaat Sarapan Tinggi Protein sebelum Olahraga di Pagi Hari

3. Boga bahari

Ikan Trout, tuna, salmon, udang dan kepiting kaya akan protein dan potasium. Ikan berlemak seperti salmon menyediakan asam lemak omega-3 yang memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa dan merupakan sumber nutrisi.

4. Daging

Daging adalah sumber protein yang sangat baik. Anda bisa mengonsumsi daging seperti daging sapi, babi, ayam dan kalkun. Daging sangat baik untuk membangun otot, meningkatkan kekebalan dan energi dalam tubuh. Tak hanya itu, daging juga membantu dalam membakar kalori dan membuat lebih kenyang.

5. Kedelai

Kedelai adalah protein nabati lain yang dapat dimakan dalam berbagai bentuk. Kedelai sangat cocok untuk vegetarian yang mencari makanan tinggi protein. Kedelai mempromosikan penurunan berat badan sekaligus menyehatkan tubuh, contohnya kaya akan antioksidan, mengurangi risiko penyakit jantung hingga mencegah osteoporosis.

PINK VILLA